Pendidikan

Fakultas Dakwah Komunikasi Islam IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi Gelar Kuliah Umum

Kamis, 16 September 2021 - 09:01 | 55.67k
Kuliah umum tanda dimulainya perkuliahan semester ganjil di IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Kuliah umum tanda dimulainya perkuliahan semester ganjil di IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Kampus pesantren IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi, Jawa Timur, memulai kegiatan perkuliahan semester ganjil. Perkuliahan ini dibuka dengan kuliah umum yang digelar oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam.

Bertemakan 'Peningkatan Kualitas SDM Penyiaran' kuliah umum dilangsungkan di aula Al-Haromain dengan ratusan peserta. Termasuk dosen dan mahasiswa.

Kuliah umum b

Dalam kesempatan ini, IAI Darussalam Blokagung juga mengambil MoU dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur. Rektor kampus, Dr. H. Ahmad Munib Syafa'at menjalin hubungan kerjasama dengan Komisioner KPID Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah.

"Kerjasama ini berisi tentang kegiatan literasi media, baik dalam bentuk kuliah umum, seminar, workshop, pameran, pawai, talkshow dan sejenisnya," kata Rektor IAI Darussalam Blokagung yang akrab disapa Gus Munib tersebut, Kamis (16/9/2021).

Menurutnya, kerjasama tersebut juga mencakup tentang pembentukan kelompok masyarakat peduli siaran di kampus dan luar kampus. Juga tentang pelaksanaan magang, program pengalaman lapangan (PPL) atau sejenisnnya, serta melakukan sosialisasi bersama di bidang literasi media kepada lembaga. Termasuk kepada masyarakat dan ormas.

Kuliah umum c

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Agus Baihaqi menambahkan, jika kuliah umum ini memiliki peran penting sebagai multiplayer efek untuk mahasiswa. Khususnya bagi mahasiswa di fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam sendiri.

"Kerjasama dan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan output berupa daya tarik terhadap mahasiswa di dunia kerja nanti. Maka dari itu SDM Penyiarannya harus disiapkan," ucap Agus Baihaqi.

Sementara, Komisioner KPID Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah, menyampaikan bahwa wawasan penyiaran berkaitan dengan kaidah dakwah Islam. Wawasan ini menurutnya penting dikuasai, sehingga dalam praktiknya nanti tidak memunculkan potensi salah pemahaman di masyarakat.

"Jadi kalau ada yang bilang Komisi Penyiaran Indonesia itu secara bebas melakukan pelarangan hak siar, seperti halnya artis yang viral baru-baru ini, itu miss persepsi," ujar Ahmad Afif.

Dengan kuliah umum ini, diharapkan seluruh mahasiswa IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi bisa memiliki lulusan sarjana yang unggul. Baik dari kemampuan akademis maupun kecakapan dalam menyampaikan komunikasi yang baik kepada masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES