Pemerintahan

Kemenkes Tinjau Kelayakan RSUD dan Puskesmas di Pangandaran untuk Dokter Internship

Rabu, 15 September 2021 - 23:54 | 39.96k
Bangunan RSUD Pandega Pangandaran (Foto: Humas RSUD Pandega)
Bangunan RSUD Pandega Pangandaran (Foto: Humas RSUD Pandega)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) tinjau kelayakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandega Pangandaran dan Puskesmas Parigi serta Puskesmas Pangandaran.

Tinjauan tersebut dilakukan menyusul usulan dari Pemerintah Daerah Pangandaran melalui Dinas Kesehatan tentang kelayakan RSUD Pandega Pangandaran dan dua Puskesmas untuk dijadikan sarana dan fasilitas Pendidikan Dokter Internship.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani A Marzuki mengatakan, sejak Juni 2021 lalu Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan RSUD Pandega Pangandaran dan dua Puskesmas ke Kemenkes untuk dijadikan Rumah Sakit Pendidikan Dokter Internship.

"Sebelumnya Kemenkes RI telah melakukan verifikasi terkait kelayakan dan kesiapan sarana dan prasarana serta fasilitas lainnya," kata Yani, Rabu (15/9/2021).

Yani menambahkan, jika hasil penilaian oleh Kemenkes dianggap layak, maka November 2021 akan mulai berjalan.

"Harapan kami RSUD Pandega Pangandaran dan Puskesmas Pangandaran serta Puskesmas Parigi layak dan bisa menjadi tempat pendidikan dokter yang sedang sekolah," tambah Yani.

Yani menjelaskan, jika terealisasi, maka peserta pendidikan bisa membantu tenaga dokter yang ada di RSUD Pandega Pangandaran dan Puskesmas.

"Mereka peserta didik bisa dilibatkan, apalagi personel kami masih kekurangan tenaga kesehatan," jelasnya.

Program Pendidikan Dokter Internship tersebut dilaksanakan selama satu tahun dan bisa memberikan manfaat untuk Kabupaten Pangandaran. Nantinya, di RSUD Pandega maupun di Puskesmas akan ditempatkan dokter spesialis untuk melakukan pendampingan selama program Pendidikan Dokter Internship berjalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES