Peristiwa Daerah

Menengok Potensi Kerja Sama Amerika Serikat dan Surabaya Kembangkan Startup

Rabu, 15 September 2021 - 21:41 | 35.29k
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat Jonathan dalam kesempatan silaturahmi di Balai Kota pada Rabu (15/9/2021). (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat Jonathan dalam kesempatan silaturahmi di Balai Kota pada Rabu (15/9/2021). (FOTO: Humas Pemkot Surabaya for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAWali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal atau Konjen Amerika Serikat di Surabaya Jonathan Alan bertempat di ruang kerja Balai Kota Surabaya, Rabu (15/9/2021). 

Kegiatan tersebut merupakan pertemuan kali pertama bagi Wali Kota Eri dengan Konjen Jonathan. Pertemuan itu mengulas tentang rencana kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan Pemerintah Amerika Serikat.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Eri menegaskan, saat ini di kota Surabaya banyak terdapat startup digital. Sebagian startup tersebut diantaranya memiliki kantor yang berdomisili di Koridor Coworking Space, Siola.

Pikirnya, salah satu bentuk roda penggerak perekonomian adalah startup digital. Bahkan, startup digital mampu berkontribusi melahirkan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Kalau ada waktu saya akan ajak ke Koridor Coworking Space, Siola. Sehingga, bisa melihat apa yang mereka (startup digital) kerjakan. Kemudian, bisa memberikan masukan kepada mereka agar bisa lebih baik lagi,” ujar Eri.

Pemkot Surabaya 2

Maka dari itu, melalui Konjen Jonathan, Eri mengajak Pemerintah Amerika Serikat turut bekerjasama dalam industri digital. Ia berambisi agar startup digital yang ada di Kota Pahlawan tumbuh pesat dan mampu go international.

“Kemarin kita menjalankan program 1000 startup digital. Saya akan sangat bahagia apabila Konjen Jonathan bersedia ambil bagian. Sehingga, melalui kolaborasi itu akan membuat startup di Surabaya bisa go internasional,” imbuhnya.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu mengaku terkejut bahwa dirinya yang suka keliling Kota Surabaya mengendarai sepeda motor ternyata diketahui oleh Konjen Jonathan.

“Saya ajak beliau kapan-kapan keliling kota dengan menggunakan sepeda motor. Saya juga ingin ajak ke Sentra Ikan Bulak di Kenjeran,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Konjen Jonathan menyampaikan bahwa, Indonesia dan Amerika Serikat mempunyai ketertarikan yang serupa pada bidang inovasi dan startup digital.

Sehingga, ia berharap industri digital, terutama startup digital dapat terus meningkat melalui kerjasama dan kolaborasi Pemkot Surabaya dengan Pemerintah Amerika Serikat.

“Ini merupakan area yang kami yakini mempunyai kemungkinan besar untuk bekerjasama di waktu yang akan datang. Kami yakin ini akan membantu pertumbuhan ekonomi,” kata Jonathan.

Sementara itu, Konjen Amerika Serikat ini mengutarakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Terlebih, ia sudah sering menjumpainya saat meninjau sebuah lokasi dengan menaiki sepeda motor saat keliling Kota Pahlawan. “Itu merupakan hal yang sangat baik dan menarik. Saya juga akan mulai melakukan hal yang sama,” tutupnya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES