Peristiwa Daerah

Didukung SKK Migas, PWI Sumsel Gelar UKW ke-33

Rabu, 15 September 2021 - 21:31 | 30.30k
Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menghadiri pembukaan UKW PWI Sumsel. (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)
Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menghadiri pembukaan UKW PWI Sumsel. (FOTO: Humas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Didukung SKK Migas dan KKKS, Persatuan Wartawan Indonesia Sumatra Selatan (PWI Sumsel) melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-33. UKW kali ini diikuti oleh 18 peserta.

Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, S Pd, M Si menjelaskan dari jumlah tersebut 6 peserta UKW Utama sedangkan 12 peserta UKW Muda.

"Mereka yang mengikuti UKW wajib mengikuti Swab test serta menggunakan masker serta face Shield,"ujar Kandidat Doktor Kebijakan Publik FISIP UNSRI ini, Rabu (15/19) di Hotel Beston Palembang.

Alumni FKIP UNSRI ini mengatakan Para peserta UKW, termasuk panitia dan para penguji melakukan rapid swab antigen. "Alhamdullillah hasil rapid swab antigen  seluruh peserta, panitia dan para penguji semuanya dinyatakan negatif,” ungkap Dia.

Firdaus mengatakan UKW ini merupakan salah satu syarat dari Dewan Pers sesuai dengan UU No 40 tahun 1999 tentang Pers. “Sementara, UKW Angkatan 34 nanti rencananya akan digelar pada 27-28 Oktober 2021,” terang Dia.

Sementara, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan mengatakan dukungan SKK Migas - KKKS untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dan meningkatkan hubungan baik antara SKK Migas – KKKS  dengan media di wilayah kerja Perusahaan. 

"Ini sejalan dengan kegiatan rutin SKK Migas – KKKS bersama media untuk berkontribusi dalam program pemerintah dalam memberikan sertifikasi atas kemampuan dan kompetensi SDM Wartawan yang ada di Sumsel," ujar Anggono.

Pihaknya berharap uji kompetensi wartawan itu mampu meningkatkan para wartawan di Sumatra Selatan.

“Sehingga dapat menjadi insan media yang tersertifikasi untuk memaksimalkan kualitas SDM wartawan di Sumsel agar kedepannya dapat menjalankan tugas,” terang Kepala Perwakilan SKK Migas Anggono.

Ketua Forum Jurnalis Migas (FJM) Sumbagsel, H Octaf Riady SH sangat mengapresiasi SKK Migas dan KKKS yang telah mendukung penuh terselenggaranya UKW angkatan 33 bagi wartawan di Sumatera Selatan.

“Kami sangat bersyukur, uji kompetensi wartawan ini masih bisa dilakukan di masa Pandemi Covid-19 berkat bantuan dari SKK Migas dan KKKS,” ujar Oka sapaanya.

Senada Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), ke- 33. Pihaknya meminta agar para wartawan yang telah lulus uji kompetensi nantinya dapat menjadi wartawan yang berintegritas.

"Selain itu wartawan dapat menjadi menjadi garda terdepan mengenai isu ketahanan lingkungan guna menginformasikan sebab, akibat, dan dampaknya terutama terkait karhutla," ujar Politisi Nasdem Sumsel ini.

HD menilai, perlunya peran serta wartawan dalam mensosialisasikan hukum-hukum terkait lingkungan. "Melalui informasi yang dibuat dari profesi wartawan sehingga warga di desa-desa mengetahui dan mampu menjangkau," ujar Herman Deru saat membuka UKW ke-33 oleh PWI Sumsel. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES