Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Kolaborasi dengan UniKL MIIT, FTI UMBY Gelar Internasional Joint Workshop 

Rabu, 15 September 2021 - 11:27 | 58.99k
Suasana peserta Internasional Joint Workshop daring dari UniKL MIIT dan UMBY (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)
Suasana peserta Internasional Joint Workshop daring dari UniKL MIIT dan UMBY (FOTO: Humas UMBY for TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Fakultas Ilmu Teknologi Informasi (FTI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerja sama dengan Universiti Kuala Lumpur Malaysian Institute of Information Technology (UniKL MIIT) menyelenggarakan Internasional Joint Workshop bertema “Canva & Pencil” pada Selasa (14/09/21).

Dekan FTI UMBY, Anief Fauzan Rozi S.Kom M.Eng MCE mengaku bangga dapat berkolaborasi dengan UniKL MIIT. Sebab, kolaborasi ini membuktikan ada hubungan yang baik antar dua institusi pendidikan. 

"Semoga kolaborasi ini dapat dilakukan kembali dengan kegiatan yang sama atau berbeda," kata Anief.

Senada disampaikan Assoc. Prof. Dr. Dahlan bin Abdul Ghani dari UniKL MIIT. Menurutnya, sharing session kali ini sebagai langkah awal yang sangat baik dalam implementasi kerja sama antara UniKL MIIT dan UMBY. 

"Selanjutnya akan diadakan juga join program yang lainnya dalam waktu dekat," kata Dahlan dalam workshop yang digelar secara daring menggunakan aplikasi Microsoft Teams. 

Dalam workshop ini hadir sebagai pembicara yaitu, Dr. Ts. Husna Sarirah binti Husin dari UniKL MIIT, serta Albert Yakobus Chandra, S.Kom M.Eng MTA, MCE dan A. Sidiq Purnomo, S.Kom, M.Eng, MCE dari FTI UMBY.

Sesi pertama Husna Sarirah memaparkan materi mengenai cara membuat desain e-book, poster, certificate menggunakan aplikasi Canva. Ia mengatakan bahwa Canva bisa digunakan secara free untuk individu dan institusi pendidikan, sehingga dapat memudahkan dalam membantu kegiatan kampus seperti persiapan event. 

Berikutnya pada sesi kedua Albert dan A. Sidiq memaparkan materi mengenai pembuatan mockup, diagram dan GUI prototype menggunakan aplikasi Pencil Evolus.

“Pencil dapat dijadikan sebagai alternatif sebuah aplikasi free open source untuk membantu mahasiswa dan profesional dalam mendesain dan mempresentasikan prototipe software yang akan dibangun ke depannya," ujar Albert

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 hingga 14.00 WIB tersebut dikuti sebanyak 51 peserta. Mereka berasal dari kampus UniKL MIIT dan FTI UMBY. Pelaksanaan workshop dibagi menjadi 2 sesi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-12 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES