Indonesia Positif

Cegah Narkoba Sejak Dini, Kelompok Masyarakat Ciamis Ikuti Bimtek P4GN

Rabu, 15 September 2021 - 20:46 | 33.31k
Bimtek P4GN oleh BNN Ciamis (foto: BNN Ciamis)
Bimtek P4GN oleh BNN Ciamis (foto: BNN Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Berbagai kelompok atau elemen masyarakat Ciamis ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan masyarakat.

Mereka terdiri dari 20 kelompok masyarakat yang diantaranya perwakilan dari MUI Desa, Kader PKK, KNPI, Komunitas dan Karang Taruna Lingkup Kabupaten Ciamis. Bimtek tersebut diselenggarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Ciamis dan berlangsung di Tulip Meeting Room, Hotel Santika Tasikmalaya.

Bimtek tersebut sangat penting lantaran saat ini Indonesia darurat narkoba. Apalagi, saat ini juga narkoba tidak hanya menyasar kota-kota besar saja. Namun, juga sudah merambah ke pelosok (desa).

"Maka, dengan adanya kelompok masyarakat ini, kita bisa membangun mitra yang strategis di masyarakat. Khususnya, dalam menanggulangi masalah narkoba. Kita ketahui, saat ini, narkoba bisa masuk ke semua lingkungan, seperti pemerintah, aparat, swasta, termasuk lingkungan masyarakat," jelas Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin, Rabu (15/9/2021).

Kelompok masyarakat tersebut tentunya juga mendapatkan pembinaan mengenai upaya pencegahan dini dari narkoba. Itu agar mereka tidak terpapar narkoba. Serta, diharapkan akan memiliki wawasan, pengetahuan, daya tangkal, serta imunitas untuk tidak menyalahgunakan narkoba.

"Jadi, perlunya langkah nyata untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Serta, upaya yang terpadu dan komprehensif," tuturnya.

Bimtek-2.jpgBNN Ciamis menyelenggarakan Bimtek P4GN di Hotel Santika Tasikmalaya (foto: BNN Ciamis)

Upaya tersebut meliputi pencegahan untuk menumbuhkan daya tangkal, pemberantasan untuk memutus mata rantai peredaran gelap narkoba. Kemudian, rehabilitasi untuk mengobati mereka yang sudah terpapar menyalahgunakan narkoba.

"Mudah-mudahan dengan adanya Bimtek ini, kita sama-sama berkomitmen untuk memerangi narkoba. Tentunya, itu untuk mewujudkan Lingkungan Masyarakat yang Bersih Narkoba," harapnya.

Kemudian, Ketua Tim Pelaksana P2M, Yudi Sukmayadi, memaparkan, Bimtek tersebut adalah salah satu langkah awal untuk mensinergiskan upaya P4GN. Khususnya, dalam mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan narkoba

"Bahkan, kami juga menyampaikan informasinya, baik itu program kerja BNN. Serta, memberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba," ungkap Yudi.

Yudi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memerangi narkoba. Pasalnya, peran masyarakat sangat diperlukan. Baik itu di wilayah kota maupun di pelosok desa sekali pun.

"Narkoba bisa saja masuk tidak mengenal lingkungan, strata sosial ataupun pekerjaan. Maka, ayo perkuat imunitas dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkoba di masyarakat," katanya di akhir kegiatan Bimtek tersebut (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES