Peristiwa Daerah

Para Veteran Keluhkan Gedung Joeang 45 yang Tak Diperhatikan Pemkab Sidoarjo

Rabu, 15 September 2021 - 19:01 | 54.17k
Pengurus Pepabri Sidoarjo menunjukkan kerusakan Gedung Joeang 45 Sidoarjo kepada Bambang Haryo Soekartono (Foto : TIMES Indonesia/Rudi Mulya)
Pengurus Pepabri Sidoarjo menunjukkan kerusakan Gedung Joeang 45 Sidoarjo kepada Bambang Haryo Soekartono (Foto : TIMES Indonesia/Rudi Mulya)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Keberadaan Gedung Joeang 45 di Jalan A.Yani Kota Sidoarjo, kondisinya memperhatinkan. Gedung yang saat ini aktif digunakan oleh sejumlah organisasi veteran perjuangan itu saat ini membutuhkan upaya renovasi mendesak untuk keberlangsungannya, terutama dari Pemkab Sidoarjo.

Hal ini karena kondisi bangunan sudah tua, seperti rangka atap, flapon yang jebol dan kondisi kayu penyangga atap yang sudah tua dimakan rayap.

Sebenarnya pihak Pepabri Sidoarjo sudah mengajukan proposal bantuan rehab kepada Pemkab Sidoarjo sejak Mei 2021 lalu. Namun hingga saat ini belum ada perhatian dari Pemkab Sidoarjo.

Hal ini diungkapkan, Ketua DPC Dewan Harian Pejuangan 45 Cabang Sidoarjo, H Soedjiono. Menurutnya karena proses birokrasi yang panjang, anggaran bantuan itu hingga saat ini belum ada sepeserpun turun dari Pemkab Sidoarjo.

"Karena mendesak akhirnya kita patungan, tapi ya seadanya, tidak cukup untuk renovasi atap gedung ini. Maka dari itu, kita apresiasi bantuan dari bapak Ir Bambang Haryo Soekartono selaku pembina Hipad Jatim yang langsung memberi perhatian ke kami, dengan memberi bantuan perbaikan Gedung Joeang 45 ini," katanya kepada TIMES Indonesia, Rabu (15/9/2021).

Soedjiono menambahkan jika pihaknya setiap tahun hanya mendapat bantuan dana operasional Rp. 1.500.000 per tahun yang digunakan untuk semua organisasi di sini. Sementara dana hibah setiap tahunnya hanya Rp. 20 juta untuk 13 organisasi di sini.

"Harapan kita, nasib para veteran pejuang dan para janda veteran yang tergabung di sini diperhatikan Pemkab Sidoarjo. Terutama Gedung Joeang ini, mohon diperhatikan keberadaanya," harapnya.

Sementara itu, Bambang Haryo Soekartono yang langsung melihat kerusakan Gedung Joeang 45 Sidoarjo mengaku perlu perhatian khusus dari Pemkab Sidoarjo terkait kelestarian dan keberlangsungan Gedung penuh sejarah itu.

"Setelah saya diinformasi oleh para veteran pejuang bahwa keadaan Gedung Joeang rusak dan perlu direnovasi, saya langsung ke sini dan melihatnya.  Alhamdulilah saya bisa sedikit memberikan bantuan untuk renovasi gedung bersejarah ini," ujarnya.

"Sambil menunggu bantuan renovasi dari pengajuan anggaran yang sudah dilayangkan Pepabri ke Pemkab Sidoarjo. Memang butuh cepat karena saat ini sudah masuk musim penghujan," imbuh Dewan Pakar DPP Partai Gerindra itu saat meninjau langsung gedung Joeang 45, Rabu (15/9/2021).

Selain menyerahkan bantuan, pria yang akrab disapa  BHS juga berharap keberadaan gedung saksi bisu perjuangan para pahlawan ini, bisa menjadi wisata edukasi bagi pelajar di Sidoarjo. Karena selain ruangan gedung yang luas, terdapat juga beberapa barang peninggalan penjajahan Jepang yang bisa digunakan untuk wisata sejarah.

"Banyak potensi wisata dari gedung ini. Kita akan dorong pemanfaatannya agar bisa digunakan untuk wisata edukasi dan sejarah. Kami juga berharap ada anggaran khusus untuk perawatan Gedung bersejarah ini dari Pemkab Sidoarjo dan yang terpenting juga perhatian khusus bagi veteran pejuang beserta keluarganya," harap BHS terkait Gedung Joeang 45. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES