Peristiwa Daerah

Mayat Pria Ditemukan di Banyuwangi, Kaki Dijangkar Besi, Tenggelam di Sungai

Rabu, 15 September 2021 - 17:03 | 193.81k
Kondisi penemuan mayat di Banyuwangi dengan kaki terjangkar besi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Kondisi penemuan mayat di Banyuwangi dengan kaki terjangkar besi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Seorang pria ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di Dam 1 sungai Kalisetail di Dusun Tempurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Mayat tersebut ditemukan dalam kodisi kaki terikat tali dengan tambahan besi sebagai pemberat.

Dari data di KTP, mayat tersebut bernama Purwanto (54) warga domisili Desa Pesantren, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Informasi yang diperoleh TIMES Indonesia, pria ini datang ke Banyuwangi bersama rekannya dari Bogor. Bersama temannya, pria ini diketahui sedang menggarap proyek digitalisasi Dam yang ada di Desa Sidorejo.

Kasi Humas Polresta Banyuwangi, Iptu Lita Kurniawan menjelaskan mayat tersebut ditemukan pada Selasa (14/9/2021) sekitar pukul 18.00 WIB. Kaki kanan dari mayat ini diikat dengan tali dan ujung tali lainnya terikat di sebuah potongan besi sepanjang sekitar 50 sentimeter.

"Iya kemarin malam ada penemuan mayat laki-laki di sebuah sungai di Kecamatan Purwoharjo," kata Iptu Lita Kurniawan, Rabu (15/9/2021).

Saat ini, mayat tersebut sudah disimpan di kamar mayat RSUD Blambangan. Menurut keterangan polisi, proses autopsi belum bisa dilakukan karena menunggu persetujuan dari pihak keluarga. "Autopsi belum bisa dilakukan, karena masih menunggu pihak keluarga. Sekarang sedang dalam perjalanan ke Banyuwangi," katanya.

Polisi menjelaskan, kronologis penemuan mayat tersebut bermula saat teman korban kebingungan mencari keberadaan korban. Sekitar pukul 15.00 WIB teman korban mulai mencari keberadaan korban kepada warga sekitar. Padahal, sekitar pukul 12.00 WIB korban masih membersihkan besi dam.

Saat itu, debit air sungai Kalisetail di dam 1 masih normal. Yakni dengan kedalaman 5 meter. Setelah dicari tidak ketemu, kemudian bersama saksi lainnya mencoba untuk membuka pintu air dam 1. Bermaksud menurunkan debit air.

"Kira-kira setelah magribh, sekitar pukul 18.00 pintu air dam itu dibuka. Setelah surut kemudian ditemukan pria tersebut sudah tenggelam dengan terikat tali dan besi sebagai pemberat di kakinya," jelas Iptu Lita.

Apakah mayat tersebut menjadi korban pembunuhan atau pelaku bunuh diri, polisi saat ini masih belum bisa menyimpulkan. Akan tetapi, tali yang mengikat kaki dan ujung tali lainnya terikat ke besi pemberat diketahui memiliki simpul yang rapi.

"Belum dipastikan. Penyebabnya apa masih dalam penyelidikan polisi," cetus Kasi Humas Polresta Banyuwangi tersebut saat dikonfirmasi TIMES Indonesia soal penemuan mayat yang terjangkar besi tenggelam di Dam 1 sungai Kalisetail Kabupaten Banyuwangi tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES