Ekonomi

Aplikasi SIPP, Pembinaan dan Perizinan Berbasis Digital bagi UMKM di Ciamis

Rabu, 15 September 2021 - 16:56 | 63.65k
Aplikasi SIPP Ciamis (foto: Google Play Store)
Aplikasi SIPP Ciamis (foto: Google Play Store)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Pembinaan dan perizinan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis kini lebih mudah dengan adanya aplikasi SIPP (Sistem Informasi Pembinaan Pelaku Usaha).

Aplikasi khusus pelayanan berbasis digital yang bisa diunduhdi Android Play Store itu juga telah diluncurkan oleh Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis.

umkm bCitruk Kajojo, salah satu produk UMKM Ciamis (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

"Dengan aplikasi ini, para pemilik UMKM bisa memperoleh izin usaha secara online dengan mudah. Di aplikasi ini juga ada pelayanan informasi, edukasi, pembinaan dan lainnya yang berkaitan dengan UMKM," kata Kepala Dinas KUKMP Ciamis, David Firdha, Rabu (15/9/2021).

Keuntungan dari aplikasi tersebut juga bisa memperoleh data UMKM yang terintegrasi di Ciamis. Serta, melakukan pembinaan yang optimal.

umkm cPembinaan berbasis digital untuk UMKM Ciamis melalui aplikasi SIPP Ciamis (foto: Google Play Store)

"Jadi, nantinya, dalam melakukan pembinaan bisa tepat sasaran dengan aplikasi ini. Bahkan, dalam aplikasi ini juga para pelaku usaha bisa memasarkan atau mempromosikan produknya," ungkapnya.

Tentunya, adanya inovasi aplikasi SIPP tersebut juga bagian dari sosialisasi Perbup Ciamis No. 39. Yakni, membangun perekonomian yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Serta, ekonomi kerakyatan yang memiliki potensi unggulan lokal.

"Semoga dengan adanya aplikasi ini bisa melayani masyarakat (pelaku UMKM) dengan mudah dan efisien. Serta, menghasilkan produk berkualitas dan bermanfaat. Semoga aplikasi ini juga membantu mewujudkan visi dan misi Kabupaten Ciamis," tuturnya usai menunjukkan aplikasi SIPP. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES