Pemerintahan

Adopsi Sistem UMKM Digital DKI, Wali Kota Gorontalo Diperkenalkan Platform Jakpreneur

Rabu, 15 September 2021 - 16:16 | 26.47k
Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Di kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (FOTO: Humas Pemkot Gorontalo)
Wali Kota Gorontalo Marten Taha saat bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Di kantor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (FOTO: Humas Pemkot Gorontalo)

TIMESINDONESIA, GORONTALOWali Kota Gorontalo, Marten Taha diperkenalkan platform Jakpreneur, ekosistem berhimpunnya para pemangku kepentingan melakukan kolaborasi, fasilitasi untuk mendorong kreasi pengembangan UMKM. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkenalkan platform itu di kantor Pemprov DKI Jakarta, Rabu (15/9/2021). 

Ditunjang dengan fasilitas mutakhir serta sumber daya manusia  yang andal, menjadikan DKI jakarta sebagai acuan pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik bagi sejumlah daerah.

"Digitalisasi UMKM di jakarta kami anggap yang terdepan memberikan dan memfasilitasi mengembangkan potensi usaha Warga," kata Marten Taha dalam lawatannya.

Demikian juga sistem pemerintahan di DKI, Marten mengungkapkan, Pemprov DKI sudah melaksanakan pengadaan barang dan jasa, serta pengadaan  langsung secara elektronik.

"Kami tadi ketemu pak Anies Baswedan, ia memperkenalkan terobosan yang dilaksanakan untuk pengembangan umkm dengan membuat platform jakpreneur. semua aplikasi termonitor lewat Command Center DKI Jakarta, " ujar Marten.

Ia mengatakan kunjungan ke Pemprov jakarta merupakan tahap awal untuk mengadopsi pemanfaatan digitalisasi pemerintahan. Kunjungan tersebut akan ditindaklanjuti dengan mengirim tim kreatif Pemkot Gorontalo, di tengah persiapan pelaksanaan digitalisasi UMKM.

"Kami punya tim kreatif umkm dan digitalisasi. nanti tindak lanjut kunjungan ini, mereka akan diutus belajar di sini," kata Marten.

Selain belajar sistem digitalisasi, Marten juga mengungkapkan ketertarikannya terhadap strategi penanganan pengendalian covid -19. Menurutnya upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta sangat strategis, karena mampu menurunkan angka pasien Covid-19 dalam waktu yang singkat.

Ia mengakui awalnya Jakarta paling tinggi kasus terkonfirmasi, namun saat ini menjadi daerah yang mampu mengendalikan wabah covid -19. Begitu juga dengan percepatan vaksinasi yang telah menembus 100 persen dari 12 juta penduduk Jakarta.

"Nah strategi yang dinamakan jakarta kolaborasi ini, akan menjadi bahan bagi kami mengimplementasikan penanganan covid-19 maupun memperkuat ekonomi di tingkat bawah," ucap Wali Kota Gorontalo, Marten Taha. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES