Indonesia Positif

Balai Bahasa Jawa Timur Gelar Festival Musikalisasi Puisi 2021

Rabu, 15 September 2021 - 16:01 | 86.36k
SMAN 1 Pagak Malang sebagai salah satu peserta acara Festival Musikalisasi Puisi yang digelar Balai Bahasa Jatim (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)
SMAN 1 Pagak Malang sebagai salah satu peserta acara Festival Musikalisasi Puisi yang digelar Balai Bahasa Jatim (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYABalai Bahasa Jawa Timur menggelar Festival Musikalisasi Puisi tahun 2021 pada, (15/9/2021) bagi siswa dan siswi SMA se-Jatim yang digelar di Hotel Aria Surabaya secara luring.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan sastra Indonesia khususnya untuk siswa dan siswi SMA agar lebih kreatif.

Kegiatan tersebut dimulai dari jam 9 pagi dan diikuti oleh 14 SMA di Jawa Timur yang berhasil lolos seleksi di Festival Musikalisasi kali ini.

Setelah mengikuti seleksi Festival Musikalisasi ini, juara satu lomba ini akan  mewakili Jawa Timur untuk ke ajang nasional yang berada di Jakarta.

SMAN-1-Pagak-Malang-2.jpg

Musikalisasi puisi tersebut dibuka langsung oleh Suhartatik, S.Pd. M.Psi selaku Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Jawa Timur dan selanjutnya sambutan dari Kepala Balai Bahasa Jawa Timur Dr. Asrif, M.Hum.

Diungkapkan oleh Asrif, bahwa kegiatan Musikalisasi ini diadakan di masa pandemi agar suasana musikalisasi akan semakin terasa dan semangat siswa dan siswi mengenai sastra tidak berkurang.

"Kami tetap mengupayakan ini adalah pertunjukan langsung karena namanya sastra apresiasi kalau tidak langsung itu Kehilangan Roh," ungkapnya pada, (15/9/2021).

Kegiatan Festival tersebut dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak.

SMAN-1-Pagak-Malang-3.jpg

Festival Musikalisasi Puisi ini sebuah kegiatan yang menumbuhkan semangat dan agar remaja mempunyai kegiatan yang positif dan menginspirasi untuk siswa dan siswi lainnya.

"Harapan kami, adalah pertama siswa kita di tengah di transisi pandemi ini apresiasi sastra nya tetap tumbuh, juga kekurangan praktik bersastra di sekolah dapat tertutupi dengan latihan-latihan seperti ini dengan festival seperti ini," ungkap Asrif saat diwawancarai.

Diungkapkan oleh salah satu peserta Festival Musikalisasi Puisi dari SMAN 1 Geger Madiun Nyimas Arina dan Gina Pramudita bahwa kegiatan yang digelar Balai Bahasa Jawa Timur ini adalah suatu bentuk kegiatang yang mengasah kreativitas siswa. "Bahwa kita bisa menampilakan suatu musikalisasi puisi di masa pandemi ini. Program kerja masih berjalan Balai Bahasa tetap berjalan dan kita sangat bangga karena kita masih bisa menampilakan secara langsung," ungkap mereka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES