Pendidikan

Polinema Pacu Publikasi Karya Ilmiah di Bidang Rekayasa

Rabu, 15 September 2021 - 15:33 | 40.50k
Seminar internasional yang digelar oleh Polinema untuk memacu publikasi karya ilmiah di bidang rekayasa. (FOTO: Dok. Polinema for TIMES Indonesia)
Seminar internasional yang digelar oleh Polinema untuk memacu publikasi karya ilmiah di bidang rekayasa. (FOTO: Dok. Polinema for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali menggelar Seminar Internasional Teknologi, Ilmu Pengetahuan dan Teknik Terapan untuk yang ketiga kalinya (ATASEC 2021) dengan mengusung tema 'Emerging Research in Vocational Education for Industrial Revolution'.

ATASEC 2021 diselenggarakan bersamaan dengan Seminar Nasional Gabungan Bidang Rekayasa (SNGBR) ke-12. Tema dari SNGBR 2021 ini ialah Penerapan Riset Pendidikan Vokasi untuk Pengembangan Teknologi Kesadaran Situasional (Situasional Awareness Technology).

Dan untuk pertama kalinya, Polinema menyelenggarakan seminar Internasional bagi Teknologi Elektro dan Informatika yang diberi nama IEIT 2021.

Seminar-internasional-yang-digelar-oleh-Polinema-2.jpg

International Conference on Electrical and Information Technology (IEIT) adalah acara tahunan yang diselenggarakan dengan motivasi untuk menyediakan platform internasional bagi para akademisi, peneliti, insinyur, peserta industri, dan mahasiswa penelitian di seluruh dunia untuk berbagi temuan penelitian mereka.

IEIT 2021 dikhususkan untuk berbagai temuan penelitian pada ranah Teknik Elektro dan Teknik Informatika.

Acara seminar dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Selasa (14/9/2021) dan dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Malang, Drs. Awan Setiawan, MMT., M.M

Awan menyampaikan apresiasi kepada panitia, pembicara dan peserta ATASEC, IEIT, dan SNGBR yang tetap antusias mengikuti kegiatan ini meskipun dilaksanakan secara daring.

"Konferensi ini akan berfungsi sebagai ruang untuk berbagi pengetahuan dari para peneliti dan industri, terutama dari bidang teknologi dan sains ke tingkat yang lebih," ujarnya.

Seminar-internasional-yang-digelar-oleh-Polinema-3.jpg

Pembicara pada seminar internasional (ATESEC dan IEIT) kali ini adalah Prof. Hajime Miyauchi (Profesor Sekolah Pascasarjana Sains dan Teknologi, Universitas Kumamoto, Jepang) dan Prof. M.A. Burhanuddin (Professor Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Teknikal Malaysia Melaka, Malaysia).

Juga, Dr. Ika Kartika, S.T.,M.T. (Pusat Penelitian Material dan Metalurgi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), dan Indrazno Siradjuddin, ST., MT., Ph.D. (Dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang, Indonesia).

Sedangkan pembicara pada seminar nasional (SNGBR) adalah Dr. Eng. Erfan Rohadi, ST., MT., (Kepala UPT Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Malang, dan Mudakir, ST. (Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi PT.PLN ).

Ketua Panitia ATESEC, IEIT, SNGBR 2021 Dr. Eng. Rosa Andrie Asmara, ST., MT., menjelaskan bahwa 145 peserta telah menyampaikan abstrak kepada panitia dan akan dipresentasikan pada seminar ini.

Para peserta tersebut diwajibkan mengumpulkan full paper yang akan direview panitia Polinema dan dikirimkan kepada AIP sebagai publisher terindeks scopus. Full paper yang layak akan diterbitkan oleh AIP. Sedangkan untuk peserta IEIT, full paper akan direview panitia dan dikirimkan kepada IEEE, publisher ternama yang juga telah terindeks scopus. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES