Indonesia Positif

PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Cisarua Bogor Gelar Makesta Angkatan Ke-4

Senin, 13 September 2021 - 17:36 | 51.88k
Anggota dan pengurus IPPNU Cisarua Bogor. (Foto-foto:  IPNU-IPPNU Cisarua Bogor for TIMES Indonesia)
Anggota dan pengurus IPPNU Cisarua Bogor. (Foto-foto: IPNU-IPPNU Cisarua Bogor for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOGOR – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Angkatan ke-4. 

Kegiatan digelar pada 11-12 September 2021 bertempat di lingkungan Pondok Pesantren (PP) Nurul Yaqien Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, dengan jumlah peserta 60 orang yang terdiri dari 25 pelajar IPNU dan 35 pelajar IPPNU.

Makesta ini turut dihadiri oleh Ketua MWC NU Cisarua Dr Abdul Wafi M IRKH, Pimpinan Lembaga Pendidikan Nurul Yaqien, KH Apan Abdul Goni SAg MM, Kepala Sekolah Nurul Yaqien ustaz Aas Asrorrudin SEI, Ketua Ansor Cisarua Dodi, Banser Cisarua Komandan Yudi, Ketua PC IPNU Kabupaten Bogor Robiansyah, dan Ketua PC IPPNU Kabupaten Bogor Yeni Hartinah. 

"Alhamdulillah di masa pandemi kita bisa mengadakan acara Makesta Angkatan ke-4 ini dari berbagai perwakilan desa tentu dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Ketua Pelaksana Tabella Elyanti.

Tabella menjelaskan, Makesta ini mengusung tema "Membangun Pondasi Dalam Organisasi Guna Mewujudkan Generasi Muda Berkarakter Ahlisunnah Wal jama'ah Annahdliyyah".

Muhamad Rafli, Ketua PAC IPNU Kecamatan Cisarua, berharap IPNU-IPPNU sebagai badan otonom NU bisa melahirkan kader-kader yang memiliki karakter Aswaja Annahdliyyah yang dapat membawa manfaat dan keberkahan untuk masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Imel Rahmawati, Ketua PAC IPPNU Kecamatan Cisarua. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini outputnya para peserta yang telah mengikuti pelatihan Makesta selama dua hari dapat memberikan kemaslahatan dan khidmat dalam ber-IPNU IPPNU.

Ketua PC IPNU Robiansyah berharap dari Makesta ini akan memunculkan kader-kader yang memiliki militansi dan loyalitas tinggi untuk organisasi sehingga eksistensi organisasi akan terjaga.

Pun demikian dengan Yeni Hartinah, Ketua PC IPPNU Kabupaten Bogor yang menuturkan, selepas kegiatan Makesta ini harapannya kader-kader ini terus dilibatkan dalam kegiatan IPNU IPPNU kedepannya. Dari keterlibatan inilah akan muncul kader-kader yang progresif.

"Salah satu tujuan dari kegiatan ini juga untuk mengenalkan pentingnya organisasi dalam kehidupan bermasyarakat sehingga melahirkan generasi muda yang mempunyai jiwa kepemimpinan berkarakter Aswaja Annahdliyah," ujarnya.

Ketua MWC NU Cisarua Dr Abdul Wafi M IRKH menambahkan, gemblengan dari Makesta tidak hanya menjadi pemimpin biasa, tapi lebih dari itu. Yakni, harus menjadi pemimpin yang memiliki integritas dan semangat perjuangan.

Menurut Wafi, menjadi pemimpin merupakan sunnatullah, tetapi yang menjadi perhatian adalah semua ini tentu harus dipersiapkan. 

"Menjadi apapun itu adalah takdir tetapi kalau ilmunya sudah berproses dari sekarang insyaallah jadi pemimpin tidak hanya di dunia tapi bisa diperpertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT," ujar Wafi.

Kepala Sekolah Nurul Yaqien ustaz Aas Assroruddin SEI mengapresiasi acara Makesta ini dan ia juga akan membantu membentuk pimpinan komisariat IPNU IPPNU di Nurul Yaqien.

"Saya mengapresiasi kegiatan makesta yang diadakan di sini (PP Nurul Yaqien Cisarua Bogor). Tentu, setelah ini harus adanya bimbingan untuk para peserta yang telah dinyatakan lulus, maka saya akan membantu pembentukan pimpinan komisariat IPNU IPPNU dan nantinya harus ada kegiatan bersama sehingga tumbuh semangat untuk berkhidmat di NU," jelas Aas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES