Peristiwa Daerah

Kota Malang Bakal Punya Alun-Alun Baru

Rabu, 15 September 2021 - 13:39 | 48.31k
Kepala DLH saat memaparkan rencana pembangunan alun-alun Kedungkandang di FGD yang juga dihadiri Wali Kota Malang, Rabu (15/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kepala DLH saat memaparkan rencana pembangunan alun-alun Kedungkandang di FGD yang juga dihadiri Wali Kota Malang, Rabu (15/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pemerintah Kota Malang berencana segera melakukan pembangunan alun-alun yang terletak di wilayah Kecamatan Kedungkandang. Hal ini sejalan dengan adanya kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan dalam pembahasan rencana tersebut.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, rencana pembangunan tersebut menjadi fokus utamanya dalam memperindah sisi timur Kota Malang, yang dimana juga bermaksud untuk memecah kepadatang diwilayah tengah Kota Malang.

"Ini kan fasilitas masyarakat, harus terpenuhi dengan baik. Kita arahkan ke timur Kota Malang agar pembangunannya merata. Image Kedungkandang bisa menjadi salah satu favorit kita," ujar Sutiaji, Rabu (15/9/2021).

Saat ini, dalam FGD yang diadakan oleh Pemkot Malang bertempat di Hotel Savana Malang, dilakukan guna menggodok desain alun-alun tersebut.

Beberapa desain pun diusulkan, salah satunya nanti akan ada sarana dan prasarana bagi para penjual hingga fasilitas olahraga.

DLH bTerlihat area lapangan yang rencananya akan dibangun Alun-Alun Kedungkandang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

"Timur bisa indah sekali. Jadi seluruh Kota Malang bisa dilihat keindahannya. Tapi tujuan dibuat alun-alun ini interaksi masyarakatnya bisa baik," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wahyu Setianto membeberkan, rencana pembangunan alun-alun tersebut saat ini sedang ada dua desain yang tengah di godok dan tepatnya akan berada di sekitaran Gor Ken Arok.

Pembangunan yang masuk dalam Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini, yang saat ini difungsikan sebagai lapangan bola dan tempat belajar mobil dengan luasan 4,5 hektar tersebut nantinya akan dibangun Telecenter.

"Bentuknya tidak segi empat, itu ada kantor masyarakat dan di timurnya lagi ada TPS. Nyebutnya itu existing Gor Ken Arok," tuturnya.

Detail Engineering Design (DED) yang sedang proses di tahun 2021 ini, rencananya akan segera dilakukan pembangunan pada tahun 2022 setelah proses RAPBD 2022 selesai. Oleh karena itu, Wahyu sendiri masih belum bisa memastikan berapa anggaran yang akan dikeluarkan untuk rencana pembangunan tersebut.

"Belum (perkiraan anggaran). Setelah FGD ini akan kelihatan nilainya berapa. Ini finalisasi dan perlu masukan dari Pak Wali hingga Lurah. Kalau pak Wali oke, maka akan jadi satu keputusan. Mudah-mudahan gak sampai November, sebelum di dok RAPBD kita anggarkan," ujarnya terkait alun-alun di Kedungkandang, Kota Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES