Ekonomi

Bupati Gunungkidul Jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

Rabu, 15 September 2021 - 09:00 | 39.29k
Suasana Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat sidak pupuk. (FOTO: Pemkab Gunungkidul for TIMES Indonesia)
Suasana Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat sidak pupuk. (FOTO: Pemkab Gunungkidul for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GUNUNGKIDUL – Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta mendapat kuota pupuk bersubsidi jauh lebih besar bila dibandingkan pada 2020. Karena itu, para petani diminta tak risau sebab ketersediaan pupuk subsidi diklaim mencukupi petani Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengapresiasi kesiapan PT Pusri dan PT Petrokimia menyongsong musim tandur.

"Penambahan kuota pupuk bersubsidi bagi Gunungkidul ini diharapkan membuat para petani tenang sehingga tak khawatir terjadinya  kelangkaan pupuk ketika musim tanam telah tiba," kata Sunaryanta saat meninjau gudang PT Petrokimia dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Rabu (15/9/2021).

Gunungkidul-Sunaryanta-2.jpg

Perwakilan PT Petrokimia Gudang Semanu, Ilham Darmawan mengatakan, Kuota pupuk 2021 lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya dan cukup untuk kebutuhan petani Gunungkidul.

Ketersediaan pupuk bersubsidi  mencapai 11.000 pupuk meliputi NPK 8.251 ton, SP-36 1.421 ton, dan ZA 687  ton. Selain itu tersedia pula pupuk organik padat 855 ton, dan pupuk organik cair total ada 2.138 ton. Pupuk pupuk ini telah siap didistribusikan kepada para petani.

"Khusus pupuk NPK Phonska sudah terealisasi penyalurannya total mencapai 3.400 ton dan digudang masih tersedia 176 ton," terang Perwakilan PT Petrokimia Gudang Semanu, Ilham Darmawan.

Kesiapan pupuk bersubsidi juga melimpah di Gudang PT Pusri Jeruk Kapanewon Wonosari. Hal itu disampaikan oleh perwakilan PT Pusri Imam Priyono, kepada Bupati saat meninjau langsung ketersediaan pupuk di gudang ini. Tercatat masih tersimpan sebanyak 1.100 ton dari kapasitas 3.000 ton pupuk. Dan saat ini tengah berlangsung penambahan pupuk sebanyak 600 ton. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES