Peristiwa Daerah

Ngeri! Sekolah MI di Banyuwangi Jadi Sarang Ular Kobra

Selasa, 14 September 2021 - 22:35 | 48.73k
Marhaban saat menunjukkan lokasi penemuan sarang Ular King Kobra. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Marhaban saat menunjukkan lokasi penemuan sarang Ular King Kobra. (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Seekor ular jenis King Kobra ditemukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al A'la, Dusun Pancursari, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Ular sepanjang kurang lebih dua meter tersebut ditemukan bersama 20 butir telur yang siap menetas oleh pekerja proyek saat hendak membangun kelas. Sontak, temuan itu membuat geger seisi sekolah.

Marhaban (52), salah seorang guru di MI tersebut mengaku kaget. “Jadi ada tukang kebun bersama empat orang temannya hendak memindah genteng, tiba-tiba mereka disambut oleh seekor ular yang berdiri kurang lebih tingginya satu meter," kata Marhaban, Selasa (14/9/2021).

penemuan sarang Ular King Kobra b

Menurut Marhaban, hewan reptil mematikan tersebut ukuran tubuhnya sebesar lengan orang dewasa. Sedangkan panjangnya kurang lebih mencapai dua meter.

"Ular tersebut panjangnya kira-kira 2 meter, kalau lingkar badan sebesar lengan tangan saya," ujar Marhaban.

Selain menemukan puluhan butir telur, di sekitar sarang King Kobra juga ditemukan jenis ular lain yang tubuhnya lebih kecil, dalam kondisi mati. Diduga ular kecil tersebut sebelumnya telah dimangsa oleh King Kobra. "Kondisinya sudah mengering," tandas Marhaban.

Selanjutnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak sekolah pun lalu meminta bantuan kepada Petugas Damkar Banyuwangi. Petugas yang datang langsung menyisir lokasi.

“Saya periksa di lokasi yang ditunjuk adanya ular itu, yang saya temukan hanya sarang dan telur 20 butir," ungkap Aden, Petugas Damkar.

penemuan sarang Ular King Kobra c

Aden kemudian membongkar gudang yang berdekatan dengan sarang ular King Kobra itu, namun nihil. Dia tidak menemukan ular yang dimaksud.

“Kemungkinan larinya ke sawah, saya juga periksa gudang yang berdekatan dengan sarang itu karena sulitnya medan jadi tidak akurat saya mencarinya," ucap Aden.

Diketahui gedung MI Al A'la Dusun Pancursari, Desa Benculuk, Kecamatan Cluring memang bersebelahan dengan areal persawahan. Tak heran jika ditemukan sarang ular di sekitar ruang kelas sekolahan.

Atas peristiwa tersebut Damkar Banyuwangi mengimbau kepada pihak sekolah untuk tetap hati-hati dan waspada. Dia berpesan untuk sering mengingatkan para murid untuk tidak bermain di sekitar lokasi sarang ular.

"Karena dikhawatirkan ular tersebut akan kembali ke sarang. Hati-hati, karena King Kobra adalah salah satu jenis ular mematikan, bisanya sangat beracun," pungkas Petugas Damkar Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES