Peristiwa Internasional

Membanggakan, 36 Jenis Kopi Indonesia Siap Masuk Negeri Kincir Angin

Selasa, 14 September 2021 - 21:12 | 55.03k
Selain calon pembeli dan importir, barista, cuppers serta coffee vloggers juga hadir di acara Indonesia Coffee Cupping. (Foto: KBRI Den Haag)
Selain calon pembeli dan importir, barista, cuppers serta coffee vloggers juga hadir di acara Indonesia Coffee Cupping. (Foto: KBRI Den Haag)

TIMESINDONESIA, DEN HAAG – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag secara resmi telah mempromosikan sebanyak 36 varietas kopi khas Indonesia dalam acara Indonesia Coffee Cupping 2021 kepada calon pembeli dan importir di Den Haag, Belanda pada pekan lalu.

Ke-36 varietas kopi tersebut diproduksi oleh 22 petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sumatera, Jawa dan Papua. Dalam acara ini, selain para pembeli dan importir, acara juga dihadiri lebih dari 50 orang. Mereka adalah para barista, cuppers, coffee vloggers serta media.

Kopi Indonesia b

Selain itu, menghadirkan pula secara virtual ke-22 petani kopi dari Indonesia. Para peserta berkesempatan mengevaluasi rasa setiap varietas kopi melalui teknik cupping dan berdiskusi dengan para petani.

Dilansir dari kabarbelanda.com, Duta Besar (Dubes) RI untuk Belanda, Mayerfas menyebutkan bahwa acara Cupping Coffee kali ini dilaksanakan oleh KBRI Den Haag untuk menyediakan wadah bagi para petani untuk bertemu dengan importir dan roasters di Belanda meski di tengah pandemi Covid-19.

"Walaupun Covid-19 membatasi pergerakan dan aktivitas perdagangan, kita tidak boleh berhenti untuk mempertemukan dan mempromosikan produsen kopi Indonesia dengan calon pembeli dari Belanda," kata Mayerfas saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Coffee Cupping 2021, Selasa (14/9/2021).

"Melalui Coffee Cupping, para petani dapat berinteraksi langsung dengan buyers, roasters, dan peserta lainnya meski secara virtual," lanjutnya.

Selain dalam hal mempromosikan, KBRI Den Haag pun juga memfasilitasi ke-22 petani kopi untuk mendapatkan sertifikat Cupping berdasarkan tes yang dilakukan di laboratorium pada setiap biji kopi (green beans) yang dikirimkan oleh para petani. Sertifikat tersebut akan meningkatkan nilai jual produk kopi di Belanda dan Eropa tentunya.

Menariknya, pasar kopi Indonesia di Belanda termasuk salah satu yang menjanjikan di Eropa. Pada tahun 2020, ekspor kopi Indonesia ke Belanda mencapai 5,6 juta dollar dengan tren yang terus meningkat. Dalam lima tahun terakhir misalnya, ekspor kopi Indonesia ke Belanda naik sebesar 23,4 persen.

Kopi Indonesia c

Di samping itu, Atase Perdagangan KBRI Den Haag, Sabbat Christian Jannes meyakini sejumlah calon pembeli menyatakan minat untuk melakukan pembelian. Bahkan, kata dia menegaskan, Daarnhouwer sebagai salah satu importir kopi yang cukup besar di Belanda tertarik untuk menjajaki beberapa varietas kopi yang dipandang memiliki kualitas dan rasa yang menonjol.

Menyikapi hal inilah, maka Sabbat menegaskan jika KBRI Den Haag akan terus menindaklanjuti minat dari buyers yang hadir di acara Coffee Cupping serta pembeli lainnya di Belanda.

"Sample green beans yang sudah dikirimkan petani juga akan dikirimkan ke buyers potensial lainnya untuk dapat dilakukan penjajakan," imbuhnya.

Pada kesempatan ini, kegiatan acara Indonesia Coffee Cupping 2021 diselenggarakan oleh KBRI Den Haag yang bekerja sama dengan Astra International untuk pengiriman sample green beans dari Indonesia ke Belanda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES