Peristiwa Daerah

Sambut Baik PP Tentang Pesantren, Ini Saran Fraksi PKB Bondowoso Terhadap Pemda

Selasa, 14 September 2021 - 20:35 | 35.01k
Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bondowoso Jawa Timur H Tohari. (FOTO: Tohari for TIMES Indonesia)
Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bondowoso Jawa Timur H Tohari. (FOTO: Tohari for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren pada 2 September 2021 kemarin. Hal itu Mendapatkan sambutan positif Fraksi PKB Bondowoso.

Ketua Fraksi PKB Bondowoso, Tohari S.Ag, mengapresiasi dan bersyukur atas terbitnya Perpres tersebut. 

"Sehingga UU nomor 18 Tahun 2019 tentang pesantren dapat segera direalisasikan dan dilaksanakan," paparnya.

Sebenarnya FPKB telah mengupayakan agar UU tentang pesantren dapat segera dapat direalisasikan. Bahkan sejak 2020, pihkanya telah melakukan serangkaian upaya agar segera terbit Perda terkait pesantren. 

"Karenanya, sejak tahun 2020 FPKB Bondowoso telah mengusulkan Perda Inisiatif tentang Fasilitasi Pesantren. Bahkan usulan FPKB tersebut telah masuk dalam Prolegda di Kabupaten Bondowoso," paparnya.

Pihkanya berharap, agar pemerintah daerah segera mencari formula kebijakan dan skema regulasi yang dapat menfasilitasi pelaksanaan pendidikan, dakwah dan pemberdayaan yang telah lama dilakukan oleh pesantren. 

Menurutnya, pemerintah harus hadir memberikan support pada semua upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh pesantren. 

"Baik pemberdayaan dalam ruang pendidikan, dakwah, maupun pemberdayaan dalam ruang ekonomi dan kesehatan," jelas Katua Komisi I DPRD Bondowoso tersebut.

Agar lebih membumi dan menyentuh substansi, kata dia, selayaknya dalam penyusunan Perda Tentang Fasilitasi Pesantren ini agar membuka ruang partisipasi bagi berbagai organisasi kemasyarakatan.

"Seperti NU dan serta berbagai organisasi alumni pesantren wajib dilibatkan. Agar ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pesantren yang ada di Bondowoso. Demi kesempurnaan Perda Pesantren inisiatif PKB mohon masukan-masukan kepada para pesantren dan pengurus NU," jelas ketua Fraksi PKB Bondowoso tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES