Peristiwa Daerah

Segera Dibangun, Rumah Sakit TNI AD Tipe C di Cilacap

Selasa, 14 September 2021 - 20:06 | 107.27k
Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi memberikan sosialisasi rencana pembangunan RS TNI AD kepada 85 pedagang. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)
Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi memberikan sosialisasi rencana pembangunan RS TNI AD kepada 85 pedagang. (FOTO: Pendim Cilacap for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAPRumah Sakit TNI AD Tipe C segera dibangun di Cilacap. Lokasinya di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, Jawa Tengah.

Sebanyak 85 pedagang yang selama ini berjualan di lahan milik TNI AD tersebut dikumpulkan di halaman belakang Makodim 0703 Cilacap, Selasa (14/9/2021).

Para pedagang diberikan sosialisasi mengenai program KSAD, program TNI AD, dimana Rumkitban 04.08.01 Cilacap yang berada di atas lahan TNI AD di jalan tersebut, akan dibangun menjadi rumah sakit tipe c.

Dandim 0703 b

Sedangkan lapangan eks-Batalyon 405 yang berada di depannya akan diubah menjadi lapangan sepak bola artificial berkelas internasional.

Di hadapan para pedagang, Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi menjelaskan, sosialisasi ini merupakan sosialisasi kedua yang dilaksanakan oleh Kodim 0703 Cilacap kepada para pedagang yang membuka usahanya di lahan milik TNI AD di Jalan Brigjen Katamso untuk menyampaikan informasi terkait rencana pembangunan Rumah Sakit TNI-AD Tipe C di Cilacap.

"Sosialisasi ini penting karena para pedagang ini membuka usahanya di atas lahan TNI AD. Tugas kita menyosialisasikan kepada bapak-bapak, ibu-ibu agar nantinya siap apabila sewaktu-waktu lahan tersebut digunakan oleh TNI AD," ujar Dandim.

Andi menambahkan, terkait teknisnya bagaimana, Kodim hanya mengoordinir dan kewenangan sepenuhnya ada di TNI AD.

Selanjutnya dijelaskan, dengan akan dibangunnya Rumah Sakit TNI AD Tipe C, secara otomatis akan mengubah bentuk dan dimensinya.

"Keberadaan Rumkitban Cilacap akan berkembang lebih panjang lagi sehingga lahan yang dipakai untuk usaha para pedagang masuk dalam rotek pembangunan," ungkap Andi.

Dandim 0703 c

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab dan dinas instansi terkait lainnya agar ada solusi bersama bagaimana nantinya para pedagang ini mau digeser dan bisa berdagang kembali.

"Namun yang pasti, tanah ini akan dipakai. Itu sudah mandat dari Pusat, dari TNI AD untuk dibangun RS TNI AD guna melayani masyarakat Cilacap," tandasnya.

Sosialisasi tersebut diisi tanya jawab antara para pedagang dengan Dandim 0703 Cilacap mengenai relokasi apabila nanti digeser.

Menurut Andi, pihak Kodim akan terus berkoordinasi dengan Pemkab dan dinas instansi terkait lainnya agar ada solusi bersama. Yang pasti, dijadwalkan pada Oktober 2021 mendatang, pembangunan Rumah Sakit TNI AD Tipe C ini dimulai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES