Peristiwa Daerah

Musim Penghujan Datang, Warga Indramayu Diminta Waspadai Ancaman Bencana

Selasa, 14 September 2021 - 20:02 | 21.54k
Banjir saat melanda kantor BPBD Kabupaten Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Banjir saat melanda kantor BPBD Kabupaten Indramayu. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Hujan yang mulai turun pada pertengahan September 2021 di Kabupaten Indramayu, menandai akan masuknya musim pancaroba atau transisi. Masyarakat pun diimbau untuk mewaspadai adanya potensi bencana alam, seperti banjir.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar, pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan guna meminimalisir resiko bencana, seperti banjir. Apalagi, wilayah Kabupaten Indramayu mulai rawan banjir apabila debit air sungai meluap.

"Di Indramayu selalu ada kerawanan terutama bila debit air sungai naik," jelasnya, Selasa (14/9/2021).

Dadang Oce Iskandar melanjutkan, salah satu upaya persiapan tersebut adalah memperbaiki tanggul-tanggul kritis, baik yang berada di sungai-sungai yang berada di wilayah DAS Cimanuk maupun DAS Citarum.

"Kita sudah berkirim surat kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk segera memperbaiki tanggul-tanggul kritis," ujarnya.

Banjir besar yang merendam sebagian wilayah Kabupaten Indramayu pada awal 2021 lalu, lanjutnya, dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk persiapan bencana kali ini. Apalagi, lokasi Kabupaten Indramayu berada di dataran rendah dan dekat pantai.

"Yang jelas, Indramayu ini karena lokasinya berada di dataran rendah kita memang rawan, tapi kita lakukan upaya antisipasi," ucapnya.

Selain memperbaiki tanggul kritis, lanjutnya, saluran drainase di pusat kota pun tengah diperbaiki agar aliran air dapat mengalir secara maksimal. Sehingga diharapkan, bencana banjir besar seperti sebelumnya tidak kembali terjadi dan tidak sampai mengancam keselamatan warga.

"Kami juga meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan, terutama dengan tidak membuang sampah sembarangan dan meminta masyarakat selalu waspada bencana alam," pintanya. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES