Gaya Hidup

Jangkau Masyarakat Jatim, Kominfo RI Libatkan Penyuluh Informasi Publik

Selasa, 14 September 2021 - 19:14 | 34.43k
Kominfo RI gelar acara Bimtek penyuluh informasi publik. (FOTO: Dok. Kominfo RI)
Kominfo RI gelar acara Bimtek penyuluh informasi publik. (FOTO: Dok. Kominfo RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) mengembangkan pendekatan komunikasi langsung melalui mitra strategis yaitu Penyuluh Informasi Publik (PIP) untuk membantu komunikasi publik pemerintah.

Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo RI Bambang Gunawan mengatakan, pelibatan penyuluh informasi publik ini terkait penyampaian isu, program dan kebijakan pemerintah terkini kepada masyarakat khususnya di wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) dan daerah lain yang masih membutuhkan komunikasi secara langsung.

"PIP sebagai garda terdepan untuk terjun langsung bertemu masyarakat, menyapa dan berdialog di kala pandemi ini tidaklah mudah, namun semangat untuk melakukan penyuluhan dengan berbagai media baik tatap muka langsung, daring maupun memanfaatkan media sosial (sebagai alternatif) tetap dilakukan sehingga memberikan kontribusi yang baik dalam mensosialisasikan kebijakan pemerintah, khususnya terkait dengan pandemi Covid-19. Pemerintah sangat mengapresiasi dedikasi seluruh PIP," ucapnya, Selasa (14/9/2021). 

Sebagai bentuk apresiasi, sekaligus sebagai pembina PIP Kominfo RI memberikan pembekalan materi kepada PIP lokasi penugasan di kab/ kota wilayah Jawa Timur sehingga kompetensi sebagai penyuluh semakin meningkat.

Materi bimtek tak hanya berkisar hal-hal teknis yang meningkatkan skill peserta dalam pemanfaatan media dan teknologi sebagai saluran penyampai pesan, namun juga pembekalan substansi berupa isu strategis terkini yang dihadapi oleh pemerintah. Contohnya seperti perkembangan terkini vaksin Covid-19 di Indonesia; pelatihan vokasi dan penempatan tenaga kerja migran Indonesia; dan skema pemanfaatan dan pengaksesan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara itu, hasil laporan monev PIP periode Februari-Agustus 2021, di tengah keterbatasan akibat pandemi, PIP wilayah penugasan Kab/kota di Jawa Timur mampu berprestasi dengan mencatatkan angka realisasi kegiatan hingga 373 kali baik tatap muka, luring maupun daring dengan jumlah masyarakat yang terpapar informasi sejumlah 5.469 orang.

"Harapan kami, melalui rangkaian bimtek ini, PIP (Penyuluh Informasi Publik) semakin meningkat kompetensi dan komitmennya sekaligus dengan segala keterbatasan akibat pandemi tetap bergerak masif tentu dengan mengedepankan protokol kesehatan. Tak lupa ucapan terima kasih tak terhingga kepada Kadis Kominfo Jawa Timur beserta jajarannya atas dukungan dalam penyelenggaraan acara bimtek kali ini," sebut Bambang,  Plt. Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo RI mengakhiri pidatonya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES