Peristiwa Daerah Indonesia Herd Immunity

Optimis Capai Malang Herd Immunity, Pemkot Malang: Warga Antusias Divaksin

Selasa, 14 September 2021 - 18:57 | 22.19k
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi di Kota Malang. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, MALANGPemkot Malang optimisi segera mencapai target Malang Herd Immunity, yakni pada 70 persen. Hal ini juga didukung dengan masyarakat Kota Malang yang antusias untuk divaksin.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengakui bahwa antusias masyarakatnya untuk divaksin saat ini sangat besar. Hal itu pun menjadi optimismenya dalam mencapai target Herd Immunity.

"Di sini ramai, orang-orang antre vaksin, tinggal kita menata Faskes (Fasilitas Kesehatan) itu. Seperti serbuan vaksin dosis satu sampai 28.000, saat ini dosis duanya sudah 15.000. Ini terus menerus kita lakukan," ujar Sutiaji, Selasa (14/9/2021).

Terlebih, saat ini tenga ramai di daerah lain yang mewajibkan syarat vaksin untuk berbagai kegiatan, salah satunya dalam pengambilan bantuan sosial (bansos), Kota Malang pun tak menerapkan hal serupa.

"Tidak ada (aturan terkait harus wajib vaksin untuk pengambilan bansos PKH). Daerah-daerah lain seperti itu memang banyak menolak vaksin. Itu tergantung daerahnya, kita tidak ada. Di sini antusiasme masyarakat untuk vaksin tinggi," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menjelaskan, untuk capaian vaksinasi di Kota Malang saat ini sekitar 66,56 persen di dosis pertama dan dosis kedua sekitar 40 persen.

"Target kita upayakan. Segera mengupayakan 70 persen di dosis pertama dan dosis kesua mendekatinya," tuturnya.

Menurut Husnul, saat ini yang tengah menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bagi dirinya adalah segera menyelesaikan vaksinasi dosis kedua yang dimana pada dosis pertamanya terlaksana oleh Koarmada II di Stadion Gajayana beberapa waktu lalu.

"Ini bertahap. Kegiatan sudah dilaksanakan di Faskes. Jadwal sudah ada. Di dosis satu harus ada dosis dua. Misalnya Koarmada dosis kedua kan diserahkan ke kita, ini yang jadi PR kita," pungkasnya terkait upaya mencapai target Malang Herd Immunity yang dipatok Pemkot Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES