Pemerintahan

Kompetisi Era Globalisasi, Pemkab Ciamis Luncurkan Berbagai Inovasi Aplikasi Bersinergi

Selasa, 14 September 2021 - 18:43 | 18.89k
Jajaran Pemkab Ciamis saat membahas mengenai inovasi aplikasi yang bersinergi di Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)Jajaran Pemkab Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)
Jajaran Pemkab Ciamis saat membahas mengenai inovasi aplikasi yang bersinergi di Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)Jajaran Pemkab Ciamis (foto: Humas Kabupaten Ciamis)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Dalam berkompetisi di era digitalisasi ini, Pemkab Ciamis telah meluncurkan beberapa aplikasi yang saling bersinergi.

Di antaranya ada aplikasi Siputra (Sistem Informasi Pelayanan Umum Tenaga Kerja). Aplikasi tersebut untuk mendeteksi para SDM yang sudah terampil, sehingga bisa memberikan informasi bagi para tenaga kerja yang sudah terlatih tersebut.

Kemudian, ada aplikasi Sigeulis (Selesaikan Izin di Gerai Layanan Izin Ciamis). Aplikasi tersebut untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan izin, sehingga tidak perlu ke dinas-dinas terkait.

Adapula, aplikasi SIPP (Sistem Informasi Pembinaan Pelaku Usaha). Aplikasi SIPP mengklasifikasikan data usaha kecil mikro. Serta, menjelaskan cara menjadi industri kecil dan menengah.

Terakhir, ada aplikasi Silacak Galuh Tos TB (Strategi Pelacakan dan Penanggulangan Menyeluruh Untuk Obati Sampai Sembuh Tuber Colosis). Aplikasi tersebut untuk menanggulangi penyakit TB lebih cepat.

"Semoga, melalui berbagai macam aplikasi tersebut, Ciamis bisa menjadi kabupaten berbasis smart city. Inovasi aplikasi tersebut tentunya penting sebagai penentu keberhasilan menuju era masyarakat yang berpengetahuan teknologi," tutur Sekda Ciamis, Tatang, Selasa (14/9/2021).

Kemudian, Asda Bidang Pemerintahan, Ika Darmaiswara juga menyampaikan berbagai macam aplikasi tersebut saling berkesinambungan. Bahkan, itu semua sebagai langkah mewujudkan visi dan misi Bupati.

"Dengan sinergi berbagai aplikasi tersebut, kita bisa mengetahui masyarakat Ciamis sehat. Maka, SDM yang sehat bisa bekerja sendiri melalui UMKM. Kemudian, para pengusaha juga bisa menempuh perizinannya dengan mudah," jelas Ika.

Maka, aplikasi-aplikasi inovasi Pemkab Ciamis tersebut tentu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhannya. Sehingga, itu bisa semakin meningkatkan pelayanan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES