Gaya Hidup

Begini Cara Memiliki Kamar Mandi yang Bersih

Selasa, 14 September 2021 - 19:23 | 302.27k
Kamar Mandi Bersih (©stevenungermann, unsplash)
Kamar Mandi Bersih (©stevenungermann, unsplash)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKamar mandi bersih merupakan idaman bagi setiap orang dalam menjaga kebersihan tubuh. Bahlan tidak dapat dipungkiri, terkadang ruangan kamar mandi selalu bersih dan bahkan lebih bersih dari ruangan lain di rumah. Karena baik itu air, uap dan kotoran lainnya di kamar mandi dapat dengan mudah menjadi tempat bagi bakteri, jamur dan menimbulkan bau tak sedap.

Ada beberapa tips untuk memiliki kamar mandi yang bersih diantaranya:

Vacuum, Ganti Keset dan Handuk

Sedot semua keset atau permadani yang Anda miliki di kamar mandi untuk menghilangkan debu dan kotoran berlebih. Kemudian cuci keset dan handuk Anda secara berkala.

Lap Seluruh Bagian

Ambil kemoceng atau lap mikrofiber kering dan mulailah dengan lapisan paling atas yang perlu dibersihkan. Ini akan mencakup lampu, bagian atas meja, bagian luar toilet, dan dinding kamar mandi.

Bersihkan Kaca dan Cermin

Bersihkan kaca dan cermin kamar mandi dengan kain mikrofiber atau bahan tidak berbulu lainnya seperti kaos oblong lama atau filter kopi. Kemudian gosok hingga kering berkilau. Anda juga bisa menggunakan alat pembersih yang terbuat dari karet untuk menjaga agar semuanya bebas goresan.

Keran dan Perlengkapan Pembersih

Selanjutnya, bersihkan keran Anda. Anda dapat menggunakan lap dan cairan  pembersih kaca untuk menyeka perlengkapan wastafel dan shower/bathtub. Atau Anda bisa menggunakan pembersih serbaguna. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan kotoran dari sambungan perlengkapan dan seka juga area ini hingga bersih.

Dispenser Sabun dan Perlengkapan di Atas  Meja Lainnya

Gunakan pembersih serbaguna dan lap untuk menyeka dispenser sabun Anda dan barang lain yang Anda miliki di atas meja, seperti piring untuk meletakkan perhiasan atau vas.

Bersihkan Meja

Jika Anda memiliki granit, gunakan pembersih untuk granit agar meja Anda tetap terawat  untuk jangka panjang. Jika tidak, gunakan pembersih serbaguna. Penting untuk melakukan langkah ini sebelum Anda membersihkan wastafel, karena kotoran dan debu akan jatuh ke wastafel saat Anda menyeka wastafel.

Gosok Wastafel dan Bak/Pancuran

Taburkan soda kue ke wastafel dan bak mandi Anda. Gunakan sikat non-abrasif yang dibasahi untuk mengikis kerak pada wastafel dan bak mandi, termasuk pinggirannya. Mulailah dari tepi luar dan lanjutkan ke saluran pembuangan. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan  area sudut. Bilas hingga bersih untuk menghilangkan semua kotoran yang tersisa dan residu produk pembersih.

Bersihkan Kotoran di Sela Ubin

Terutama jika Anda memiliki shower berlapis ubin, cegah sela ubin menjadi kotor dan kuning dengan menggosoknya setiap minggu. Saat Anda melihat sela ubin kotor, ikuti panduan dibawah ini:

●Campur 3/4 cangkir pemutih rumah tangga dengan 1 galon air.

●Mengenakan sarung tangan karet, gunakan sikat kaku untuk mengaplikasikan formula ke satu area kecil pada satu waktu. Berhati-hatilah agar cairan tidak memercik ke Anda atau permukaan sekitarnya.

●Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dan bilas.

Sedangkan untuk memperoleh semua peralatan yang akan digunakan seperti harga sikat kamar mandi yang terjangkau hanya di Ruparupa yang menyediakan furnitur, home living serta peralatan dapur dan kamar mandi. Ruparupa juga jual rak besi untuk membantu menyimpan barang-barang kita dengan rapi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES