Olahraga

Melihat Ketatnya Persaingan BRI Liga 1 dari Kacamata Iwan Setiawan

Selasa, 14 September 2021 - 16:52 | 20.63k
Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)
Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan. (FOTO: MFA Rohmatillah/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan memilki sudut pandang tersendiri melihat ketatnya persaingan di pekan-pekan awal BRI Liga 1 2021.

Saat ini BRI Liga 1 2021 telah berlangsung dua pekan. Dari dua pertandingan yang dijalani masing-masing klub, terlihat bahwa persaingan berlangsung cukup sengit.

Tim-tim yang mengalami kekalahan di pekan pertama, mampu meraih kemenangan di pekan kedua, seperti Persela, Persik, Persiraja dan Persebaya. Begitu juga sebaliknya, sejumlah tim yang menang pada pekan pertama, harus tumbang pada pekan kedua, misalnya Borneo FC dan Persita.

Hanya Bali United dan Persib Bandung yang mampu tampil superior dengan meraih 6 poin dari dua laga awal BRI Liga 1 2021.

Melihat hasil pertandingan di dua pekan awal BRI Liga 1 tersebut, Iwan Setiawan menyebut bahwa hal itu menjadi karena banyak tim yang belum menemukan konsistensinya, akibat persiapan yang kurang matang.

"Secara umum dengan kondisi yang merata, saya melihat bahwa inilah hasil dari persiapan seluruh tim yang kurang maksimal. Jadi memang jujur aja banyak tim saya lihat sangat fluktuatif," kata Iwan, Selasa (14/9/2021).

Namun Iwan memberi pengecualian kepada Bali United dan Persib Bandung. Menurutnya, kedua tim tersebut memiliki persiapan yang lebih baik daripada kontestan BRI Liga 1 lainnya.

"Kenapa Bali United dan Persib begitu dominan dengan memetik hasil maksimal di 2 pertandingannya? Saya melihat bahwa sebenarnya 2 tim ini adalah tim yang memiliki masa persiapan yang cukup baik, walaupun mereka juga sempat terhenti. Contoh Bali United, mereka sangat menaati peraturan pemerintah pada saat PPKM, tapi kita juga tahu Bali United adalah tim yang punya persiapan lebih awal setelah selesai Piala Menpora, begitu juga Persib" ujarnya.

Selain karena persiapan yang sangat baik, pelatih asal Medan tersebut juga menyebut bahwa Bali Unuted dan Persib tidak terlalu banyak melakukan perombakan skuat.

Menurut Iwan, hal itu sangat berpengaruh dalam menjaga stabilitas performa tim. Apalagi Bali Unuted dan Persib juga dihuni para pemain bintang.

"Jadi artinya selain memilikii pemain-pemain yang kalau boleh dibilang pemain-pemain terbaik lah, yang kumpul di tim Persib dan Bali United, mereka punya persiapan yang cukup baik, dibanding dengan tim-tim lain," ucap Iwan.

Merujuk beberapa faktor tersebut, maka tak heran jika saat ini Bali United dan Persib mampu tapil dominan di tengah ketatnya persaingan BRI Liga 1 2021. "Tapi sebenarnya ada beberapa tim lain yang penampilannya juga stabil, salah satunya PSIS Semarang," kata Iwan Setiawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES