Peristiwa Nasional

Soal Varian Baru Covid-19, Anggota Komisi VII DPR RI: Jangan Ulangi Kesalahan

Selasa, 14 September 2021 - 16:37 | 22.46k
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto minta pemerintah tida menganggap enteng varia baru Covid-19. (FOTO: Dok. DPR RI).
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto minta pemerintah tida menganggap enteng varia baru Covid-19. (FOTO: Dok. DPR RI).

TIMESINDONESIA, JAKARTAAnggota Komisi VII DPR RI Mulyanto minta Pemerintah waspada terhadap penyebaran varian baru Covid-19. Pemerintah diingatkan agar tidak lengah dan menganggap enteng terhadap munculnya varian tersebut. 

Sebelumnya pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan hingga saat ini belum ditemukan Covid-19 varian baru seperti Lamda, Mu, dan C.1.2 di Indonesia.  

"Kita tidak ingin mengulang kesalahan seperti merebaknya varian Delta, yang dianggap remeh sehingga kebobolan. Akibatnya banyak korban berjatuhan dan anggaran besar negara yang terserap," ucap Mulyato, Selasa (14/9/2021).

Mulyanto mengingatkan, agar Pemerintah harus lebih serius mengantisipasi kemungkinan masuk dan tersebarnya varian baru tersebut. "Jangan sampai rakyat menjadi korban lagi," tegas dia.

Selain itu, pemerintah juga diminta segera melakukan riset secara cermat terhadap karakteristik varian baru ini agar dapat diketahui dan dibuat agenda aksi pencegahan.

"Yang utama adalah pencegahan di pintu-pintu masuk bandara internasional. Jangan sampai terlambat atau lolos masuk tanpa terdeteksi," tegas politisi PKS itu. 

Kata dia, pemerintah juga harus menugaskan Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan jaringan laboratoriumnya melakukan penelitian untuk mendeteksi pola penyebaran varian baru Covid-19 ini. "Selama ini jaringan laboratorium uji whole genome sequencing (WGS) mampu mendeteksi penyebaran varian Covid-19 yang telah ada di Indonesia," demikian ucap Mulyato, Anggota Komisi VII DPR RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES