Indonesia Positif

PKKMB Unipma Madiun Tahun Akademik 2021-2022 Berakhir, Selamat Datang Cendekia Muda

Selasa, 14 September 2021 - 15:03 | 55.39k
Penutupan PKKMB Unipma Madiun Tahun Akademik 2021-2022. (Foto: Humas UNIPMA for Times Indonesia)
Penutupan PKKMB Unipma Madiun Tahun Akademik 2021-2022. (Foto: Humas UNIPMA for Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Gelaran Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021-2022 Universitas PGRI Madiun (Unipma) berakhir dengan ditandai acara penutupan. Acara tersebut dipandu Sesaria Prima Yudhaningtyas, S.Pd., M.Pd. diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan laporan pelaksanaan PKKMB oleh Wakil Ketua Panitia, Dr. Asroful Kadafi, S.Pd., M.Pd. 

Dalam laporannya dia menjelaskan, PKKMB diikuti oleh 1.106 mahasiswa baru. Dengan jumlah peserta PKKMB yang lulus 1.042 mahasiswa, serta yang belum lulus 64 mahasiswa. "eserta yang belum lulus akan mengikuti PKKMB selanjutnya," katanya. 

Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Biro Kemahasiswaan Unipma dan digelar secara daring melalui platform pkkmb.unipma.ac.id. Secara keseluruhan acara berjalan lancar sesuai jadwal yang direncanakan mulai dibuka pada Selasa, 7 September 2021 hingga Selasa, 14 September 2021. 

Penutupan PKKMB unipma

PKKMB ini diikuti dari berbagai provinsi di Indonesia. Sebaran provinsi peserta PKKMB Unipma 2021 ini di antaranya selain Jawa adalah Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, NTT, NTB dan Sulawesi Selatan. 

Rektor Unipma Prof. Dr. H. Parji., M.Pd. menutup rangkaian PKKMB. Pada awal sambutan, Prof. Parji mengucapkan selamat kepada para Cendekia Muda yang telah sukses mengikuti PKKMB dengan sepenuh hati. Menurutnya, PKKMB merupakan media yang diberikan Unipma untuk menyiapkan mahasiswa baru menjadi Cendekia Muda yang sesungguhnya. 

“Selamat Anda sudah bukan lagi berstatus siswa tapi berstatus mahasiswa, suatu status yang terhormat, oleh karena itu kesempatan menimba ilmu dikampus dilaksanakan dengan sepenuh hati, sehingga nantinya menjadi sarjana hebat, meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, tidak  menghalangi bagi kita khususnya para Cendekia Muda, untuk meraih prestasi yang  terbaik dibidang akademik maupun non akademik,” ujarnya. 

Di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini merupakan suatu tantangan. “Kita harus beradaptasi dengan sangat cepat. Utamanya teknologi informasi, ini penting supaya kita bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik.” Tambahnya. 

Penutupan PKKMB unipma madiun

Prof. Parji juga memaparkan bahwa UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization) yang bergerak di bidang pendidikan, pengetahuan dan budaya mencanangkan empat pilar pendidikan. Yakni learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Keempat pilar tersebut secara sinergi membentuk dan membangun pola pikir pendidikan di Indonesia. Juga khususnya untuk Cendekia Muda Unipma.

Mahasiswa harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat. Karena jika ingin sukses dalam belajar, harus mengerti tantangan, dan menjadi mahasiswa kreatif, produktif, dan inovatif, harus selalu berpikir kristis. 

“Banyak riset membuktikan kemampuan dalam berkomunikasi sangat penting, Unipma menyediakan layanan kemampuan berbahasa asing, sehingga sangat kuat untuk menyiapkan SDM yang bekompeten”, tuturnya. 

Penutupan PKKMB dilakukan dengan ketok palu oleh rektor. “Dengan ucapan alhamdulillah PKKMB Unipma Tahun Akademik 2021-2022 saya nyatakan ditutup. Sukses untuk semua sehat untuk semua,” katanya. 

Sebagai penanda akhir kegiatan PKKMB Unipma 2021, rektor melepas tanda peserta PKKMB dan dilanjutkan dengan pembacaan pakta integritas oleh perwakilan mahasiswa baru serta dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada mahasiswa baru dengan nilai terbaik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES