Peristiwa Daerah

Sukseskan Malang Raya Bermasker, BPBD Kota Malang Salurkan Ratusan Ribu Masker

Selasa, 14 September 2021 - 15:02 | 40.12k
BPBD Kota Malang saat menyalurkan masker kepada petugas parkir di sekitaran Jl Gajahmada, Kota Malang, Selasa (14/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
BPBD Kota Malang saat menyalurkan masker kepada petugas parkir di sekitaran Jl Gajahmada, Kota Malang, Selasa (14/9/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Gerakan Mobil Masker dan Malang Raya Bermasker hasil inisiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus digencarkan. Salah satunya yabg terjadi saat ini para relawan dan BPBD Kota Malang menyusuri jalanan dan membagikan masker kepada para pelajar hingga para PKL di Kota Malang.

Berada di sekitaran Jl Gajahmada, Kota Malang, beberapa warung PKL dan para pelajar yang sedang duduk, didatangi oleh para relawan dan BPBD Kota Malang untuk diberikan masker sembari memberikan edukasi protokol kesehatan.

Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik Penanggulangan Bencana Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang, Cornelia Selvyana Ayoe mengatakan, gerakan yang diinisiasi oleh BNPB ini untuk Kota Malang mendapat jatah sekitar 125 ribu masker yang dibagikan ke jalan di setiap Kecamatan di Kota Malang.

menyiapkan-berbagai-masker-yang-akan-diberikan-kepada-masyarakat.jpgBPBD Kota Malang saat menyiapkan berbagai masker yang akan diberikan kepada masyarakat. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

Objek yang telah ditentukan oleh BNPB sendiri menyasar pada para ojek online, masyarakat umum dan para pelajar, Satgas Covid-19 dan para Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Jadi sasaran sudah ditentukan BNPB. Kalau saat ini ada yang ngopi-ngopi kan masuk dalam PKL dan masyarakat umum. Jadi sesuai petunjuk kita gencarkan ini (Malang Raya Bermasker) dan memberikan edukasi," ujar Selvy, Selasa (14/9/2021).

Dalam pembagiannya, setiap orang akan mendapatkan jatah 4 masker yang telah ditentukan dari BNPB. Gerakan tersebut pun dilakukan sejak adanya peluncuran Mobil Masker dan 500.000 ribu masker  yang diresmikan oleh Panglima TNI dan Kapolri di Pendapa Agung, Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.

"Kita mulai sejak pukul 14.00 WIB sampai 11 malam. Ini targetnya ya sampai habis 125 ribu masker untuk wilayah Kota Malang," ungkapnya.

Per hari ini, lanjut Selvy, dari total 125 ribu masker untuk Kota Malang, telah terbagikan hampir seratus ribu masker sejak hari Jumat (10/9/2021) lalu. "Itungan saya kemarin sisa 29.907 makser. Ini targetnya sampai 5 harian kedepan atau sampai Minggu ini," katanya.

Dalam pelaksanaannya, BPBD Kota Malang mengerahkan dua mobil untuk satu tim yang berisi para relawan dan driver mobil. "Kita ada lima tim sesuai per Kecamatan. Ada total 30 relawan," imbuhnya.

Dengan adanya gerakan Malang Raya Bermasker dan Pelajar Bermasker ini, harapannya bisa menyadarkan masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan meski saat ini telah turun level PPKM. "Tetap harus mematuhi prokes, karena kita sudah turun level, ya tetap harus dijaga sesuai aturan yang berlaku," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES