Peristiwa Daerah

Bekali Pegawai, Lapas Blitar Berikan Pelatihan Atasi Kebakaran

Selasa, 14 September 2021 - 14:48 | 17.72k
Lapas Kelas II B Blitar memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran bagi para pegawai, Selasa (14/9/2021). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Lapas Kelas II B Blitar memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran bagi para pegawai, Selasa (14/9/2021). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Blitar (Lapas Blitar) memberikan pelatihan penanggulangan kebakaran bagi para pegawai, Selasa (14/9/2021).

Latihan yang dipusatkan di depan aula itu dalam rangka memberikan bekal pegawai Lapas. Dengan harapan agar ketika terjadi kebakaran, bisa memadamkan dengan cepat. 

Plt Kepala Lapas Klas II B Blitar, Tatang Suherman mengatakan, latihan pemadaman kebakaran itu, juga untuk mengantisipasi kejadian di Lapas Tangerang supaya tidak terjadi di Lapas Kelas II B Blitar.

"Latihan ini penting. Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika terjadi kebakaran. Sebagai antisipasi saja," katanya. 

Tatang mengutarakan, pihaknya menggandeng tim pemadam kebakaran (damkar) dari Kota Blitar. Pelatihan penanggulangan kebakaran diawali dengan membakar kertas yang dilumuri minyak bakar di dalam drum. Selanjutnya petugas memperagakan memadamkan api menggunakan kain basah.

"Para pegawai antusias mengikuti pelatihan ini. Karena memang tak mudah memadamkan api. Ini semua demi keselamatan bersama," tambahya.

Selain memberikan pelatihan, Lapas Blitar sendiri juga sudah melengkapi sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran. Budiono menyebut, saat ini lapas Blitar memiliki 11 unit alat pemadam ringan atau Apar. Apar tersebut ditempatkan di beberapa sudut.

"Petugas juga rajin mengecek kondisi Lapas  atau ruangan para warga binaan. Selain itu petugas juga rajin mengecek kabel listrik untuk menghindari terjadinya korsleting," jelasnya.

Saat ini Lapas Klas II B Blitar dihuni  sebanyak 574 warga binaan. Menurut Tatang, Jumlah itu melebihi kapasitas ideal. Dimana idealnya Lapas Blitar dihuni sebanyak 132 warga binaan. Di satu sisi jumlah petugas pengawas hanya 68.

"Karena melebihi, kami  semakin meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan. Terutama kaitannya dengan kebakaran," tegas Plt Kepala Lapas Blitar, Tatang Suherman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES