Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Vaksin Jhonson-Jhonson Akan Segera Didistribusikan Jawa Hingga Bali

Selasa, 14 September 2021 - 13:25 | 42.50k
Vaksin Jhonson-Jhonson dari Belanda untuk 18 tahun keatas (FOTO: REUTERS)
Vaksin Jhonson-Jhonson dari Belanda untuk 18 tahun keatas (FOTO: REUTERS)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah akan segera melakukan pendistribusian 500.000 vaksin Johnson & Johnson ke sejumlah wilayah aglomerasi yang berada di wilayah Jawa dan Bali. 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sasaran vaksinasi yang menggunakan vaksin Johnson and Johnson adalah masyarakat di atas 18 tahun.

"Kita tahu bahwa daerah aglomerasi itu kan ada 7 di Jawa-Bali. Mungkin tidak semua kab/kota di wilayah aglomerasi itu mendapatkan (vaksin Johnson and Johnson)," katanya, Senin (13/9/2021).

Vaksin-Jhonson-Jhonson-dari-Belanda-untuk-18-tahun-keatas-2.jpgilustrasi - Vaksinasi yang dilakukan di Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

Nadia menyebut, pemerintah sedang mempertimbangkan daerah prioritas yang akan menerima vaksin Johnson and Johnson. Setelah daerah prioritas ditentukan, pemerintah langsung mendistribusikan vaksin tersebut.

Dia menambahkan vaksin Johnson and Johnson hanya disuntikkan satu kali kepada masyarakat. Berbeda dengan vaksin Covid-19 sebelumnya yang harus diberikan sebanyak dua kali atau dua dosis.

"Kita tahu vaksin ini hanya disuntikkan satu kali dan ini adalah merupakan vaksin skema bilateral. Artinya ini adalah hibah dari pemerintah Belanda," jelasnya.

Perlu diketahui, Vaksin Johnson and Johnson telah mendapat izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Selasa, 7 September 2021. Efikasi vaksin ini tercatat sebesar 67 persen.

Dikutip dari laman resmi Johnson & Johnson, data menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 satu suntikannya menghasilkan aktivitas yang kuat dan persisten terhadap varian Delta dan varian lainnya yang menyebar dengan cepat.

Pemerintah Indonesia menerima 500 ribu dosis vaksin Covid-19 produksi Johnson and Johnson pada Sabtu, 11 September 2021. Ini merupakan kedatangan perdana vaksin Johnson and Johnson dari pemerintah Belanda.

Dalam uji coba ENSEMBLE, vaksin Covid-19 dosis tunggal Johnson & Johnson 85 persen efektif melawan penyakit parah/kritis dan menunjukkan perlindungan terhadap rawat inap dan kematian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES