Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mahasiswa FK Unisma Mengimplementasi Ilmu Kesehatan Masyarakat Bagi Warga Terdampak Gempa

Selasa, 14 September 2021 - 09:57 | 19.75k
KKN FK Unisma Melakukan pendampingan korban gempa di Dusun Jogomulyan Kec.Tirtoyudo dengan melakukan pengobatan gratis dan khitan massal serta Kegiatan program edukasi dan penyuluhan kepada ibu hamil. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
KKN FK Unisma Melakukan pendampingan korban gempa di Dusun Jogomulyan Kec.Tirtoyudo dengan melakukan pengobatan gratis dan khitan massal serta Kegiatan program edukasi dan penyuluhan kepada ibu hamil. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa FK Unisma Malang mengimplementasi Ilmu Kesehatan Masyarakat pada warga terdampak gempa di Desa Jogomulyan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Dampak dari bencana gempa bumi berupa banyaknya rumah yang roboh atau retak sehingga banyak masyarakat desa yang tidur di halaman rumah dengan menggunakan tenda darurat.

Kondisi ini menyebabkan penurunan daya tahan terhadap penyakit. Kurangnya tenaga kesehatan desa serta fokus kegiatan kesehatan terutama penanggulangan kegawatdaruratan akibat  dampak gempa bumi menyebabkan program kerja kesehatan seperti kunjungan ibu hamil dan home care pada pasien dengan penyakit degeneratif menjadi tidak terlaksana.

Kondisi tersebut diatas menarik bagi mahasiswa FK Unisma yang didampingi oleh dosen pembimbing untuk melakukan kegiatan membantu masyarakat Desa Jogomulyan.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

homecare

Kegiatan yang dilakukan terdiri dari penyuluhan deteksi dini resiko tinggi pada ibu hamil dan pembagian paket melahirkan pada ibu hamil peserta penyuluhan, home care dan pembagian vitamin plus sembako pada pasien-pasien terdampak gempa, pengobatan massal dan sunatan massal.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari sebanyak 4 kali (2 hari pertama penentuan lokasi dan penggalian data kesehatan dan permasalahan, 2 hari kedua koordinasi dengan pemerintah desa, masyarakat, puskesmas dan Pemda Kabupaten Malang, 2 hari ketiga persiapan dan pelaksanaan pengobatan massal dan penyuluhan ibu hamil, 2 hari keempat persiapan dan pelaksanaan home care, sunat massal dan penutupan).

Kegiatan tersebut terlaksana dengan baik karena dukungan dari FK Unisma, dr. Nur Cholis Qomari dari PDNU Malang , Klinik SMC (Sains Medical Center)  dan petugas kesehatan Desa Jogomulyan Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang, Pemerintah Desa dan masyarakat desa Jogomulyan serta  Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.

Kegiatan tersebut mampu melatih kemampuan mahasiswa berkoordinasi dengan pemerintah dan komponen masyarakat desa, meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap permasalahan sosial di masyarakat serta mengimplementasikan ilmu kesehatan masyarakat yang telah didapatkan di kampus untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa melalui kegiatan preventif, promotif dan kuratif. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Mahasiswa KKN Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES