Peristiwa Daerah

Program PTSL di Banyuwangi Sebentar Lagi Tuntas

Selasa, 14 September 2021 - 08:47 | 80.11k
Kasubbag Tata Usaha BPN Banyuwangi Amirul Mukmin (FOTO: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia)
Kasubbag Tata Usaha BPN Banyuwangi Amirul Mukmin (FOTO: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hampir tuntas mencapai target.

Kini, program yang ditangani oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN) tersebut ada di angka 98 persen dari total 64.350 bidang tanah yang sudah ter entry.

Kasubbag Tata Usaha BPN Banyuwangi Amirul Mukmin menjelaskan, capaian kinerja itu dihitung dari kuantitas dan penilaian kualitas. Perhitungan kuantitas terdiri dari produk K1 (kluster 1), termasuk pencetakan sertifikat, tanda tangan, hingga penguploadan. Sedangkan penilaian kualitas dilakukan melalui pengukuran bidang tanah yang sudah dipetakan.

"Jadi gabungan daripada itu semua, kita sudah mencapai 98,02 persen, tersisa sedikit lagi," kata Amir, Selasa (13/9/2021).

Amir mengatakan, progres kegiatan pengukuran dan pemetaan Program PTSL di Bumi Blambangan susah mencapai 100 persen dari target Peta Bidang Tanah atau PBT yakni 30 ribu.

Tak hanya itu, pendataan Sertifkat Hak Atas Tanah (SHAT) juga tuntas secara keseluruhan, sesuai dengan target 64 350 bidang Tanah yang sudah ter entry.

"Kegiatan pemberkasan atau kegiatan memasangkan antara data fisik dan data yuridis itupun sudah pada tahapan 100 persen," ungkapnya.

Sebanyak 43.992 sertifikat juga sudah rampung dan telah diterbitkan.

"Kemudian dalam proses perjalanannya ada potensi K1, dimana bidang-bidang tanah tersebut pada masa pengumunan. Jadi selama 14 hari untuk mencapai K1 nya yakni pada angka 9,082 bidang," imbuhnya.

Sebagai informasi, K1 merupakan bidang Tanah dengan data fisik dan data yuridis yang memenuhi syarat untuk dapat diterbitkannya hak atas tanah.

Ditargetkan, NPN Banyuwangi akan merampungkan Program PTSL hingga 21 Oktkber 2021, termasuk pembagian sertifikat kepada pemiliknya, namun tetap menunggu arahan dari Kantor Wilayah BPN Jawa Timur.

"Harapan kami sesuai target. Nantinya masalah penyerahan sertifikat kita akan menunggu instruksi dari Kantor Wilayah Jawa Timur. Kita sudah siapkan, saat ini dalam proses percetakan dan penandatanganan," tandas Amir mengenai Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) di Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES