Indonesia Positif Universitas Islam Malang

KSM Tematik Unisma Malang Kegiatan Bimbingan Belajar Secara Tatap Muka di Desa Sumbersekar

Selasa, 14 September 2021 - 08:25 | 26.53k
Mahasiswa KSM Tematik Unisma melakukan pendampingan belajar pada anak-anak Dusun Semanding Kabupaten Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa KSM Tematik Unisma melakukan pendampingan belajar pada anak-anak Dusun Semanding Kabupaten Malang. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Kandidat Sarjana Mengabdi Unisma Malang melaksanakan program kerja di desa Sumbersekar, kec Dau, kab Malang.

Kelompok 46 melakukan pendampingan dalam proses belajar secara tatap muka bagi pelajar di Desa Sumbersekar. Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Upaya ini tujuannya untuk memaksimalkan proses pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Seluruh kegiatan dilaksanakan di Dusun Semanding Desa Sumbersekar Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan ini di mulai tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan tanggal 14 September 2021. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, mahasiswa melakukan diskusi bersama teman teman mahasiswa KSM-Tematik dengan Kepala Desa terkait serta perizinan dari Kepala Dusun serta Ketua RT 04/RW 03 tempat yang akan dituju nantinya.

Metode yang digunakan pada kegiatan KSM-T yaitu service learning yang terdiri dari survey lokasi, diskusi bersama kepala desa Sumbersekar, diskusi bersama ketua RT 04/RW 03, diskusi bersama wali murid, pelaksanaan kegiatan pendampingan belajar tatap muka.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Kegiatan ini dilakukan mulai Selasa-Jumat jam 8.00 wib hingga 11.00. Pelajar yang mengikuti kegiatan ini merasa sangat terbantu.

Para wali murid juga sangat senang karena diadakannya kegiatan pembelajaran secara tatap muka, mereka merasa kegiatan ini sangat membantu mereka dalam hal pembelajaran karena para wali murid pun kesulitan ketika hendak mendampingi anak mereka untuk belajar dengan pekerjaannya masing masing.

Kegiatan yang digagas mahasiswa Unisma Malang ini tentunya sudah mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan pendampingan pembelajaran secara tatap muka. (*)

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Pewarta: Aji Achmad Syaifullah, Mahasiswa KSM Tematik Kelompok 46 Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES