Pendidikan

Tingkatkan Bakat dan Minat Siswa, Komunitas Menatap Indonesia Resmikan Sekolah Impian

Senin, 13 September 2021 - 20:05 | 45.12k
Joko Sutriswanto bersama murid Sekolah Impian memotong pita sebagai simbolisasi peresmian program Sekolah Impian. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
Joko Sutriswanto bersama murid Sekolah Impian memotong pita sebagai simbolisasi peresmian program Sekolah Impian. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERKomunitas Menatap Indonesia yang bergerak di bidang kemanusiaan membuka Sekolah Impian di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Diresmikan pada Senin (13/9/2021), pembukaan sekolah tersebut merupakan wujud impian dari Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara. 

"Kami akan membuka tiga kelas. Di sana nanti akan belajar tentang ilmu tentir (akademisi), dan memetakan minat bakat. Yang muaranya kepada profesi serta entrepreneur," ungkap Bustan Parentagama, Penanggung Jawab Komunitas Menatap Indonesia. 

Ia juga mengatakan, sistem Sekolah Impian seperti tempat kursus yang diberikan secara gratis guna meningkatkan bakat dan minat siswa dan difasilitasi dengan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya. 

Sekolah Impian b

"Murid-murid yang ada di kelas tentir (akademis) itu yang akan kami godok, untuk kemudian pada muaranya agar bisa bertahan hidup," imbuhnya. 

Kuota dalam program Sekolah Impian ini sekitar 30 siswa, yang terdiri dari masing-masing 10 siswa SD, SMP, dan SMA. 

"Pembatasan kuota sendiri ditujukan untuk mencegah penyebaran Covid-19, karena pembelajaran akan dilakukan secara tatap muka," papar Bustan. 

Di lain pihak, Joko Sutriswanto, Kasubid Perencanaan dan Pelaporan DP3AKB mengapresiasi kegiatan ini. 

"Diharapkan ke depannya Pemerintah Daerah dapat merangkul kegiatan positif yang dilakukan untuk anak khususnya DP3AKB," katanya. 

Sampai saat ini, pendaftar program Sekolah Impian masih dari siswa yang tinggal di daerah kota dengan sistem penjemputan yang dilakukan oleh Komunitas Menatap Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES