Peristiwa Daerah

Wisata Religi Makam Gus Dur Rencananya akan Dibuka, Tapi Tunggu Izin Satgas Covid-19

Senin, 13 September 2021 - 19:18 | 74.80k
Pintu masuk wisata religi kawasan makam Gus Dur di Tebuireng, Diwek Jombang (Foto : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Pintu masuk wisata religi kawasan makam Gus Dur di Tebuireng, Diwek Jombang (Foto : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Soal rencana wisata religi makam Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid, Presiden RI ke 4 mau dibuka kembali, Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz tak ingin gegabah.  Dia masih menunggu instruksi dari satgas Covid-19 Pemkab Jombang.

"Benar, sudah pernah kami musyawarahkan. Namun, setelah kami koordinasikan dengan satgas Pemkab Jombang masih belum diperbolehkan," katanya kepada TIMES Indonesia saat ditemui di kediamannya komplek Ponpes Tebuireng, Senin (13/9/2021).

makam Gus Dur bPengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz saat ditemui di kediamannya (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Menurut kiai yang akrab disapa Gus Kikin ini menjelaskan, bahwa wisata religi makam Gus Dur tidak hanya menjadi wewenang dari keluarga besar Ponpes Tebuireng saja. Melainkan peran Pemkab Jombang juga menjadi pertimbangan.

Mengingat wisata religi makam Gus Dur terletak di dalam komplek Ponpes Tebuireng yang sentral berhubungan dengan santri juga mengantisipasi terjadinya klaster Covid-19 di lingkup pesantren.

"Saling mendukung kebijakan saja, nanti Pemkab yang saat ini berusaha keras mencegah penyebaran Covid-19. Kami malah buka makam (wisata religi), antisipasi agar tidak terjadi klaster Covid-19 baru," jelas Gus Kikin.

Terkait dibukanya kembali wisata religi makam Gus Dur sampai kapan, Gus Kikin menegaskan akan tetap melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang hingga membaik.

makam Gus Dur cTerdapat pengumuman ditutup pada pintu masuk menuju makam Gus Dur (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia) 

"Kami akan lihat dulu perkembangan Covid-19 di Jombang. Karena ini menyangkut orang banyak, maka kami juga akan koordinasikan kembali ke satgas Covid-19 Pemkab Jombang," tutur Gus Kikin mengakhiri pembicaraan.

Seperti yang diketahui, sejak awal pandemi Covid-19, keluarga besar Ponpes Tebuireng Jombang telah menutup dan meniadakan ziarah makam Gus Dur untuk umum, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jombang.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES