Peristiwa Nasional

Komisi I DPR RI Belum Terima Supres Pengganti Hadi Tjahjanto Sebagai Panglima TNI

Senin, 13 September 2021 - 18:45 | 14.77k
Panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto. (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)
Panglima TNI Marskal Hadi Tjahjanto. (FOTO: Dok.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid menegaskan bahwa sampai dengan saat ini belum ada surat presiden (supres) yang masuk mengenai pergantian Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI

Kendati begitu, Meutya mengatakan Presiden Jokowi masih memiliki batas waktu mengganti Hadi sampai akhir November tahun ini. Meurutnya, masa pensiun Hadi ditentukan berdasarkan akhir bulan kelahiran Hadi. Mengacu hal itu, maka masa pensiun Hadi ialah akhir November 2021.

"Pensiun itu adalah di hari terakhir bulan kelahiran. Jadi Pak Hadi masih punya waktu sebelum pensiun sampai akhir November," ucap Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Karena itu dikatakan Meutya, Jokowi memiliki kesempatan untuk memilih mengirimkan surpres pada masa sidang saat ini sebelum reses pada awal Oktober, atau sebaliknya, yakni mengirimkan pada masa sidang berikut usai masa reses.

Disisi lain Meutya mengingatkan bahwa semua proses pergantian Panglima TNI harus selesai pada akhir November bertepatan dengan masa pensiun Hadi. Ia berkeyakinan bahwa Jokowi tentunya akan taat dan segere mengajukan nama pengganti Hadi, sebelum akhir masa jabatannya habis karena pensiun.

"Semua harus selesai di akhir November berarti di awal November surat masuk itu masih bisa. Presiden masih memiliki waktu sampai awal November untuk menimbang siapa panglima yang beliau akan pilih. Kalau lebih cepat  juga bisa atau awal November juga bisa, kita enggak tahu tergantung presiden," ucap Meutya, Ketua Komisi I DPR RI terkait Supres pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES