Peristiwa Nasional Indonesia Herd Immunity

Hebat, Kota Surabaya Capai 99 Persen Vaksinasi Covid-19

Senin, 13 September 2021 - 17:40 | 33.48k
Warga Surabaya mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Gelora 10 Nopember secara massal. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Warga Surabaya mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Gelora 10 Nopember secara massal. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, SURABAYAKota Surabaya benar-benar serius menuntaskan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Terbukti dari 78.46 persen ketercapaian vaksin dosis pertama menuju 99,03 persen hanya membutuhkan waktu tiga pekan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per hari Minggu (12/9/2021) sebanyak 99,03 persen atau 2.196.071 warga Surabaya telah mendapat vaksin dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua di angka 64,2 persen atau 1.426.724 jiwa.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menargetkan pekan depan Kota Pahlawan sudah mencapai target 100 persen dosis pertama dan 70 persen dosis kedua. Percepatan ini, kata Eri, didukung dengan upaya Kementerian Kesehatan yang konsisten mengirimkan vaksin dua kali dalam seminggu.

Warga-Surabaya-mendapat-suntikan-vaksin-Covid-19-di-Gelora-2.jpg

"Kalau seandainya ada vaksin yang lebih banyak lagi, InsyaAllah kita akan melakukan yang lebih banyak juga. Kekuatan dari TNI-Polri dan berkat inovasi Pak Kapolres, Surabaya setiap harinya bisa melakukan vaksin hingga 61 ribu," bebernya mengapresiasi.

Maka dari itu mantan Kepala Bappeko Surabaya ini mengajak seluruh elemen di Ibu Kota provinsi Jawa Timur ini untuk tidak bosan bergotong-royong menghijaukan Kota Pahlawan dari Covid-19.

"InsyaAllah dengan kebersamaan dan hati yang ikhlas serta bahu-membahu kita, Surabaya akan menuju zona hijau dan vaksinnya bisa mencapai 100 persen," harapnya.

Selaras dengan terbentuknya kekebalan tubuh secara kelompok di tengah masyarakat, upaya pemulihan ekonomi juga terus digenjot.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menyebut data yang ia terima per 11 September 2021 menunjukkan sebanyak 10.219 RT sudah masuk zona hijau. Tersisa empat RT yang masih ditemukan lebih dari satu orang pasien positif Covid-19.

"Maka dari itu UMKM di kecamatan-kecamatan untuk menjadi garda terdepan pemulihan ekonomi di kota Surabaya. Kolaborasi antara pemerintah kota, badan usaha, hingga UMKM, menstimulus gairah kebangkitan ekonomi Kota Pahlawan.

Kendati demikian, Armuji berpesan, agar tidak ada euforia yang berlebihan atas suksesnya vaksinasi Covid-19di Kota Surabaya. Mantan anggota DPRD Jawa Timur itu meminta masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES