Peristiwa Nasional

Mendagri RI Tito Karnavian Dukung Pemekaran Papua Selatan Jadi Empat Kabupaten

Senin, 13 September 2021 - 16:42 | 61.59k
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian saat menyampaikan dukungannya kepada masyarakat Papua (foto: Dokumen/Tito Karnavian)
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian saat menyampaikan dukungannya kepada masyarakat Papua (foto: Dokumen/Tito Karnavian)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian mendukung pemekaran wilayah di Papua Selatan. Wilayah tersebut akan menjadi empat kabupaten.

Kepada masyarakat Papua, Tito mengatakan selama tujuan pemekaran demi kebaikan dan kemajuan daerah tersebut. Pemerintah pusat akan mendukung penuh inisiatif dan keinginan masyarakat.

Oleh karena itu, dengan adanya pemekaran wilayah tersebut bisa membuat masyarakat lokal Papua, bahagia. Mereka semakin cinta NKRI dan bertanggungjawab terhadap keamanan di wilayah masing-masing.

"Di Papua, harus ada percepatan pembangunan. Merauke sudah bisa dimekarkan menjadi Provinsi Papua Selatan walaupun hanya ada empat Kabupaten karena adanya kekhususan buat Papua," kata Tito Karnavian kepada awak media di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Tito Karnavian menuturkan bahwa dirinya pernah juga menjadi Kapolda Papua, sehingga merasa tidak sulit beradaptasi dengan daerah tersebut. Selama di Papua di mengaku mengagumi banyak hal, termasuk makanan kuliner khas mereka.

Mantan Kapolri tersebut, menyebut Papua Selatan akan terdiri dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Asmat. Dia berkata Merauke akan jadi ibu kota provinsi tersebut.

Selanjutnya, Tito berharap masyarakat Papua menyurati Presiden Joko Widodo terkait aspirasi pemekaran Papua Selatan. Dengan begitu, proses pemekaran bisa segera dimulai.

"Wilayah Merauke punya potensi pertanian dan perikanan sangat luar biasa. Didukung dengan SDM yang memadai, saya yakin Provinsi Papua Selatan ke depan akan menjadi provinsi termaju di tanah Papua," pungkas Mendagri RI, Tito Karnavian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES