Peristiwa Nasional

Wapres RI KH Ma'ruf Amin Akui Kesejahteraan Petani Masih Jadi PR Pemerintah

Senin, 13 September 2021 - 14:52 | 33.93k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin pada acara penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 di Istana Wapres Jakarta, Senin, 13 September. (FOTO: Tangkapan Layar YouTube)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin pada acara penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 di Istana Wapres Jakarta, Senin, 13 September. (FOTO: Tangkapan Layar YouTube)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWapres RI KH Ma'ruf Amin mengatakan peningkatan kesejahteraan petani masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah yang harus diselesaikan.

"Peningkatan kesejahteraan petani masih menjadi pekerjaan rumah, PR kita, PR Pemerintah, yang harus diselesaikan," ucap Wapres saat menyerahkan penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 di Istana Wapres Jakarta, Senin.

Wapres mengatakan bahwa kehidupan para petani tanaman pangan, seperti padi, masih jauh dari berkecukupan.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2020, hampir separuh dari rumah tangga miskin di Indonesia merupakan masyarakat di sektor pertanian.

"Jumlah rumah tangga tergolong miskin di Indonesia sebagian besar berasal dari sektor pertanian, yaitu 46,30 persen," katanya.

Sementara itu, sektor pertanian juga menyerap tenaga kerja paling banyak selain sektor kehutanan dan perikanan. Pada BULAN Februari 2021, lapangan kerja di ketiga sektor tersebut meningkat 0,36 persen dibandingkan pada tahun 2020.

"Lapangan kerja di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan tersebut mengalami peningkatan sebesar 0,36 persen dibandingkan Februari 2020 (sebesar 29,23 persen)," ucap Wapres.

Oleh karena itu, Wapres RI KH Ma'ruf Amin mendorong adanya inovasi untuk meningkatkan dan mewujudkan kesejahteraan petani secara konsisten. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES