Indonesia Positif

Hore, Warga Desa Kenjo Banyuwangi Dapat Kado Spesial Santasi Desa Di Tengah Pandemi

Senin, 13 September 2021 - 13:04 | 103.88k
Program pembangunan Sanitasi Desa di Desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia).
Program pembangunan Sanitasi Desa di Desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi (Foto: Hafid Nurhabibi/ TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Angin segar bagi masyarakat Desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Dimasa pandemi Covid-19 ini, mereka mendapat kado spesial berupa program Sanitasi Desa (Sandes) dengan jumlah yang cukup fantastis.

Sebelumnya, tak jarang warga desa pulang pergi ke sungai hanya untuk membersihkan diri maupun membuang kotoran. Berkat program pembangunan Sandes yang mulai digalakkan, nampaknya sebentar lagi masyarakat tak perlu susah payah menyusuri sungai dan cukup memanfaatkan fasilitas baru yang disebar di 39 titik se Desa Kenjo itu.

"Alhamdulilah, desa kami terus melakukan perbaikan, pertumbuhan, dan pembangunan, kali ini kami menerima program Sandes, itu sangat membantu warga kami yang memiliki kebiasaan membersihkan diri di sungai," kata Kepala Desa Kenjo, Ahmad Sofyanto kepada TIMES Indonesia, Senin (13/9/2021).

Dijelaskan Sofyan, dalam pelaksanaan program Sandes tersebut, sekurangnya ada 40 masyarakat dipekerjakan untuk menuntaskan pembangunan.

Program pembangunan Sanitasi Desa di Desa Kenjo a

Upaya ini tak luput dari jerih payah mengebut percepatan pembangunan desa dan cara mensejahterakan masyarakat di tengah keterpurukan ekonomi pada pusaran pandemi Covid-19, dengan langkah itu, setidaknya masyarakat akan terbantu, serta lebih optimal untuk menggunakan waktu mengais pundi-pundi pendapatan, sesuai bidang masing-masing.

Tak hanya sanitasi desa, sebelumnya sejumlah program turut digelontorkan di desa dengan ciri khas sapi-sapian itu, seperti bedah rumah yang dihadirkan oleh pihak berwewenang untuk perbaikan papan bagi masyarakat dengan kondisi ekonomi kurang beruntung.

"Sebelum sanitasi desa ini, kami juga mendapat beberapa program bedah rumah dari Anggota DPR RI, Bapak Sumail Abdillah, ini juga sangat membantu masyarakat kami," ungkap Sofyan.

Selanjutnya, Sofyan beserta jajaran Pemerintah Desa Kenjo, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi terbaik, terutama membangun desa dengan penuh kesadaran demi kepentingan bersama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES