Wisata PPKM Darurat

Dorong Pemulihan Roda Perekonomian, Pantai Tanjung Papuma Kembali Dibuka

Senin, 13 September 2021 - 13:08 | 150.28k
Pengunjung kembali mulai mendatangi Pantai Tanjung Papuma di Jember. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
Pengunjung kembali mulai mendatangi Pantai Tanjung Papuma di Jember. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
FOKUS

PPKM Darurat

TIMESINDONESIA, JEMBER – Penurunan level PPKM Jember menjadi level 2 membuat beberapa kegiatan ekonomi berangsur normal. Tidak hanya sektor perdagangan, melainkan juga pariwisata. Seperti halnya Pantai Tanjung Papuma.

Destinasi wisata pantai selatan ini sudah dibuka sejak Jember ditetapkan turun level.

Meskipun demikian, pengunjung yang datang tidak langsung membeludak.

"Awal buka pengunjung yang datang tidak sampai 30 orang, itu pun bergantian dari jam buka sampai tutup (07.00 - 16.00). Akhirnya bertambah, tapi tidak banyak. Untuk hari ini kira-kira 200-an orang," ungkap Koko, Kepala Pengelola Wisata Pantai Tanjung Papuma pada Minggu (14/9/2021).

Dengan luas 21 hektare, mengacu pada Instruksi Mendgari No. 39 tentang pembatasan pengunjung, Pantai Tanjung Papuma hanya boleh menampung sekitar 1.000 sampai 2.000 orang. 

Pantai Tanjung Papuma 2Tampak pengunjung tengah duduk santai menikmati keindahan alam di Pantai Tanjung Papuma. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

Koko menambahkan, adanya pembukaan di sektor pariwisata ini dapat mendorong roda perekonomian yang sempat terhenti agar pulih kembali.

"Bagi Tanjung Papuma, mitra yang ada di dalamnya, maupun masyarakat sekitar bisa mendapatkan pemasukan dengan dibukanya sektor pariwisata," imbuhnya.

Kepada TIMES Indonesia, Kepala Pengelola Wisata Pantai Tanjung Papuma mengungkapkan syarat untuk masuk ke Pantai Tanjung Papuma.

"Pastinya prokes yang ketat, memakai masker, cek suhu, dan dihimbau untuk membawa hand sanitizer dan menjaga jarak," katanya.

Selain itu, untuk penerapan aplikasi pedulilindungi masih di tahap proses pemasangan tower, karena minimnya sinyal untuk akses internet. 

"Kami usahakan secepatnya," lanjut Koko.

Ia berharap, dengan diperbolehkannya pariwisata untuk beroperasi kembali bisa memulihkan roda perekonomian bagi berbagai pihak.

Sebelumnya, Pantai Tanjung Papuma tidak mendapatkan pemasukan sama sekali dan ditaksir mengalami kerugian hampir 100%.

Selain itu, Rohmah, pengunjung wisata Tanjung Papuma mengaku senang bisa liburan kembali bersama keluarga.

Pantai Tanjung Papuma 3Pantai Tanjung Papuma, Jember kembali dibuka sejak level PPKM di Jember turun menjadi level 2. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

"Semoga Covid segera berakhir, agar bisa liburan kembali dengan bebas," harapnya.

Kendati demikian, dengan turunnya level PPKM di Jember, Bupati Jember Hendy Siswanto tetap mengimbau agar tetap disiplin protokol kesehatan.

"Apapun kegiatannya, tetap prokes jangan ditinggalkan. Karena Covid tidak nampak dan tidak tahu dimana tempatnya," ujar Hendy.

Untuk diketahui, Penurunan level PPKM Jember menjadi level 2 membuat beberapa kegiatan ekonomi berangsur normal. Tidak hanya sektor perdagangan, melainkan juga pariwisata. Seperti halnya Pantai Tanjung Papuma. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES