Peristiwa Daerah

BOR Menurun Jauh, Kota Malang Bersiap Menuju Level 2

Senin, 13 September 2021 - 12:29 | 33.63k
Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Kepala Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif saat ditemui awak media beberapa waktu lalu. (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kabar gembira bagi masyarakat Kota Malang. Sebab, saat ini tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Malang sendiri telah menurun drastis sejak pelaksanaan PPKM. Penurunan ini terlihat dari Bed Occupancy Rate (BOR) untuk Covid-19 di Kota Malang saat ini telah menurun jauh. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan, untuk BOR ICU Rumah Sakit (RS) rujukan saat ini hanya berada diprosentase 28 persen. "Kalau IGD sekitar 16 persen dan ruang isolasi 20 persen. Jadi turunnya banyak (sejak pelaksanaan PPKM)," ujar Husnul, Senin (13/9/2021).

Husnul mengungkapkan, penurunan BOR Covid-19 di Kota Malang ini dikarenakan berbagai faktor penunjang, salah satunya dengan pemaksimalan isolasi terpusat (isoter).

"Lalu kesadaran masyarakat dalam prokes (protokol kesehatan), sehingga bisa melakukan pencegahan mandiri di masyarakat," ungkapnya.

Faktor berikutnya, lanjut Husnul, gencarnya pelaksanaan vaksinasi juga menjadi pengaruh besar masyarakat Kota Malang yang saat ini telah memiliki immune yang tinggi, sehingga tak mudah terpapar Covid-19.

"Karena vaksin akan melindungi kita manakala kita terpapar, sehingga kita tidak mudah sakit. Jadi tidak butuh perawatan di rumah sakit, ini yang menyebabkan BOR bisa turun," ucapnya.

Dengan trend positif penurun BOR Kota Malang yang terbilang sudah jauh, Pemkot Malang saat ini telah bersiap menuju PPKM dikategori Level 2. Hal ini ditunjukan sejak capaian vaksinasi yang terbilang tinggi dan penurun BOR yang jauh bisa menjadi acuan Kota Malang bisa masuk Level 2 hingga nantinya menuju Level 1.

Sebelumnya, Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito saat mengunjungi Kota Malang telah menargetkan kepada seluruh daerah se Malang Raya untuk bisa bersama-sama berada di Level 1. Terlebih, saat ini Kabupaten Malang pun telah masuk pada PPKM Level 2 dan yang masih berada di Level 3 adalah Kota Malang dan Kota Batu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES