Pemerintahan Indonesia Herd Immunity

Kejar Capaian Herd Immunity, Kota Malang Siap Sambut Era Endemi

Minggu, 12 September 2021 - 22:36 | 34.66k
Wali Kota Malang, Sutiaji, meninjau vaksinasi warga Kota Malang. (FOTO: Dok TIN)
Wali Kota Malang, Sutiaji, meninjau vaksinasi warga Kota Malang. (FOTO: Dok TIN)
FOKUS

Indonesia Herd Immunity

TIMESINDONESIA, MALANGPemerintah Kota Malang terus mengupayakan akselerasi vaksinasi demi mengejar tercapainya target minimal 70 persen kekebalan kelompok (herd imunity).

Menguatnya perlindungan diri melalui vaksinasi secara simultan akan membuka kemungkinan pelaksanaan berbagai aktivitas sosial ekonomi yang tentunya berujung pada percepatan pemulihan ekonomi daerah. Terutama dalam mendukung Malang Raya Herd Immunity.

Di sisi lain pencapaian target vaksin juga memiliki relevansi kuat dalam mendukung rencana Pemerintah Pusat melakukan transisi status penyebaran Covid-19 dari pandemi menuju endemi.  

Perluasan cakupan vaksinasi dikombinasikan dengan penguatan strategi 3T dan disiplin protokol kesehatan seluruh elemen pada beberapa pekan terakhir telah berdampak signifikan pada meningkatnya angka kesembuhan dari 65% pada akhir bulan Juli menjadi 91% jelang medio September ini sedangkan kasus dalam pengawasan menurun dari 27% menjadi 1,2% pada periode yang sama.  

Logo-Diskominfo-Kota-Malang.jpg

Tercatat hingga tanggal 11 September 2021, data vaksinasi sebagai berikut:

Dosis 1 : 431.788 dosis (65,95%)

Dosis 2 : 265.590 dosis (40,57%)

Dosis 3 khusus nakes : 9.958 dosis (77,21 %)

Vaksin gotong royong (selain dari Pemkot Malang) : 16.745 dosis

Total : 724.081

Mencermati dinamika capaian berdasarkan jumlah dosis tersebut diatas, Pemerintah Kota Malang kini berfokus meningkatkan persentase pemberian dosis kedua bagi masyarakat. Antusiasme tinggi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi direspon dengan memperbanyak jumlah faskes yang melayani pemberian dosis kedua hingga mencapai 25 lokasi.  

Berbagai kemajuan penanganan Covid-19 diharapkan tidak menurunkan level kewaspadaan warga Kota Malang. Transisi pandemi menjadi endemi memerlukan kesadaran seluruh komponen masyarakat untuk mengubah laku dengan menempatkan protokol kesehatan sebagai kebutuhan dasar dalam setiap aktivitas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES