Peristiwa Nasional

Samsung Salurkan Bantuan Rp 4 Miliar untuk Penanganan Covid-19 di Indonesia

Minggu, 12 September 2021 - 16:14 | 30.09k
Samsung salurkan bantuan Rp4 miliar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. (FOTO: Dok. Samsung)
Samsung salurkan bantuan Rp4 miliar untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. (FOTO: Dok. Samsung)

TIMESINDONESIA, JAKARTASamsung Electronics Indonesia (SEIN), menyalurkan bantuan berupa alat kesehatan, seperti generator oksigen, senilai kurang lebih USD 300.000 atau sekitar Rp4 miliar melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Kami berharap bantuan berupa oksigen konsentrator yang kami donasikan melalui Kemenkomarves, serta alat kesehatan lain melalui Kemenperin dan Korean Association Indonesia, dapat dimanfaatkan para tenaga medis dalam merawat penderita di seluruh Indonesia," ujar Presiden Samsung Electronics Indonesia, Yoonsoo Kim melalui siaran pers, Minggu (12/9/2021). 

Sementara itu, Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan di tengah penanggulangan pandemi yang terus ditangani dan dipantau perkembangannya di seluruh Indonesia. 

Untuk itu, Menko mewakili pemerintah mengucapkan berterimakasih kepada Samsung yang telah memberikan perhatian serius kepada masyarakat Indonesia melalui donasi alat kesehatan ini.

"Ini menunjukkan kerja sama dan keseriusan dari pengusaha bersama dengan pemerintah dalam menanggulangi pandemi. Mari bersama-sama kita menaati protokol kesehatan agar dapat memutus mata rantai virus Covid-19," ucap Menko Luhut.

Selain melalui Kemenko Marves RI, Samsung juga mendonasikan bantuan senilai kurang lebih USD 90.000 berupa alkes lainnya seperti generator oksigen dan alat pelindung diri, melalui Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia untuk disalurkan melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan kurang lebih senilai USD 10.000 melalui Korean Association di Indonesia untuk membantu masyarakat Indonesia tetap tangguh menghadapi pandemi ini. 

Termasuk donasi melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI sehingga total bantuan Samsung untuk penanganan pandemi Covid19 untuk Indonesia jika dikonversikan dalam rupiah kurang lebih sebesar Rp6 miliar.

Lebih lanjut, Kim menceritakan, Samsung telah beroperasi selama 30 tahun, konsisten memberikan dukungan kemanusiaan kepada masyarakat Indonesia terutama saat terjadi bencana. Di saat tsunami Aceh tahun 2004 melanda, Samsung membantu membangun kembali beberapa sekolah dan fasilitas belajar IT. 

Pada tahun 2017, Samsung menjalankan program kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat di Bangka, melalui perbaikan 108-unit rumah tinggal tak layak huni disertai pelatihan konstruksi dasar, agar pemilik rumah bisa berkontribusi dalam memperbaiki rumahnya sekaligus menambah keahlian, dan dilanjutkan pada tahun 2020 memberikan fasilitas penunjang pendidikan kepada siswa yatim piatu berupa 200-unit Samsung Galaxy A01 Core untuk menjalani PJJ di saat pandemi. 

Selain itu, pada tahun 2018 Samsung juga berperan aktif memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa dan tsunami di Lombok dan Sulawesi Tengah dengan memberikan bantuan berupa pelayanan kesehatan, sanitasi dan penyediaan air bersih, juga renovasi di beberapa sekolah yang rusak akibat bencana.

"Menjadi bagian dari masyarakat Indonesia, Samsung senantiasa memperkenalkan teknologi terdepan yang dapat dimanfaatkan untuk membuka berbagai peluang baru. Selain itu, saat ini pun kami juga untuk membantu masyarakat Indonesia agar tetap tangguh dan bangkit dari setiap krisis dan bencana, seperti pandemi ini," demikian ucap Samsung Electronics Indonesia. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES