Pemerintahan

DPRD Surabaya Siap Pantau Pelaksanaan RPJMD 2021-2026

Minggu, 12 September 2021 - 15:14 | 48.88k
Ilustrasi - RPJMD Kota Surabaya disahkan sebagai acuan pembangunan Kota Pahlawan dalam lima tahun mendatang. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi - RPJMD Kota Surabaya disahkan sebagai acuan pembangunan Kota Pahlawan dalam lima tahun mendatang. (FOTO: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Surabaya periode 2021-2026 telah disahkan. DPRD Surabaya yang memiliki fungsi pengawasan terhadap kinerja eksekutif, siap mengawal pelaksanaan turunan janji kampanye Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

"Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) sudah menegaskan jika RPJMD Surabaya 2021-2026 isinya bukan sekadar janji-janji manis saat kampanye dulu. Tapi semua program di lapangan harus terakomodir dan terevaluasi semuanya. Saya sepakat dengan pernyataan tersebut," ungkap Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah.

Menurutnya ada lima program yang harus menjadi prioritas kepemimpinan Eri-Armuji dalam lima tahun ke depan, yakni:

1. Pemberian beasiswa untuk siswa SMA-SMK

2. Pembangunan rumah sakit di wilayah Surabaya Timur

3. Pengembangan layanan kesehatan berbasis nuklir

4. Optimasi layanan kesehatan di Puskesmas

5. Memaksimalkan layanan masyarakat lainnya.

Selain itu pemulihan sektor ekonomi berbasis kerakyatan menjadi penting di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengancam.

“Pemulihan ekonomi dan kesehatan tidak terpisahkan. Maka dari itu perumusan hingga implementasi kebijakan formulanya harus tepat sehingga bisa mencapai target pembangunan yang diharapkan,” tegasnya.

Guna mencapai semua itu, Wali Kota dan wakilnya tidak dapat berjalan sendiri. Namun bergandengan juga dengan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

"Kami di Dewan sebagai fungsi pengawasan, akan mengingatkan jika program tersebut tidak jalan atau jalannya kurang kencang," ujar politisi perempuan asal fraksi PDI Perjuangan ini.

Khusnul yang juga Ketua Pansus RPJMD Kota Surabaya itu mendukung langkah Eri yang rutin melakukan evaluasi kinerja jajarannya secara berkala. Tidak hanya mereka yang duduk di kursi kepala perangkat daerah tetapi hingga tingkat Camat dan Lurah.

Sebagaimana visi kampanyenya dulu yakni ‘Gotong Royong menuju Surabaya Kota Dunia yang Maju, Humanis dan Berkelanjutan’, kata Khusnul merupakan tema besar yang pas untuk membangkitkan optimisme segenap pihak Kota Pahlawan di tengah situasi sulit pandemi Covid-19.

"Untuk itu, semua pihak harus bergandengan demi mewujudkan RPJMD 2021-2026,” tutup Ketua Komisi D DPRD Surabaya ini. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES