Kuliner

Es Cuing Kekinian ala Radja Cuing, Segar dan Kaya Serat

Minggu, 12 September 2021 - 05:10 | 109.43k
Stand Radja Cuing milenial Majalengka. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Stand Radja Cuing milenial Majalengka. (Foto: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terdapat 'Cuing yang legendaris. Salah satunya yang terkenal berada di Desa Mirat Kecamatan Leuwimunding. Es cuwing adalah sejenis minuman penyegar yang terbuat dari gel yang menyerupai agar-agar, bahan pembuatannya dibuat dari daun cuwing (Tiliacora triandra) yang berasal dari Cirebon dan Indramayu.

Adalah Cuing dengan brand Rauing, kepanjangan dari Radja Cuing, minuman kekininian yang wajib dicoba. Lokasinya di wilayah Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka. Tepat sebelum jembatan, dekat dengan pohon beringin besar, di sebelah kios terpal. Juga dekat dengan area Alun-alun kelurahan Cigasong.

Namun, cuing tersebut, tak seperti cuing pada umumnya, karena mengadopsi toping dan taburan khas milenial. Topingnya menggunakan susu cair dan kental manis, serta gulanya menggunakan gula aren asli.

Untuk saat ini, varian rasa yang ditampilkannya, hanya ada dua, yakni cuing rasa original dan cuing rasa alpukat keju.

Harga untuk satu cupnya yang original dibanderol Rp.6.000, sementara yang cuing rasa alpukat keju dibanderol dengan harga Rp.12.000.

Sensasi yang ditawarkan ketika menyeruput es cuing milenial tersebut, adalah perpaduan rasa cuing dengan balutan manis gula asli. Kenikmatan akan bertambah ketika suasana panas melanda.

"Kurang lengkap rasanya, jika berbicara tentang kuliner minuman, apabila tidak datang langsung mencicipinya," kata penjual Radja Cuing, Winarsih, Sabtu (11/9/2021).

Winarsih menjelaskan, bahwa cuing milenial dengan brand Rauing ini merupakan cabang dari Mirat Leuwimunding.

Menurutnya, mengkonsumsi cuing juga sebagai minuman segar menyehatkan. Lantaran, cuing ini juga telah melewati tahapan uji kesehatan. Berdasarkan hasil laboratorium mengandung zat-zat atau kandungan gizi yang baik untuk pencernaan.

"Setau saya baik untuk melancarkan metabolisme pencernaan, meredakan panas dalam. Yang jelas dapat menghilangkan haus, tapi menyehatkan," ujarnya.

Sementara itu, pemilik brand Cuing Rauing, Insan Kamil mengatakan saat ini Radja Cuing, memang membuka cabang baru yakni di wilayah Cigasong. Ia sendiri telah membuka cabang di wilayah Arjawinangun, Brebes dan Weragati. "Alhamdulillah sudah mulai buka di Cigasong," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES