Peristiwa Nasional

Kepala BNPB Ganip Warsito: Jatim Juara Tracing

Sabtu, 11 September 2021 - 15:29 | 41.08k
Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)
Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito. (FOTO: Ryan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGKepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito menyampaikan bahwa Jawa Timur layak diapresiasi karena konsisten mengutamakan 3T yakni testing, tracing, dan treatment. 

Hal itu disampaikan Ganip saat rapat koordinasi Penanganan Covid-19 di Pendapa Pemkab Malang, Sabtu (11/9/2021). Hadir saat itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Kepala Pemda Malang Raya. 

malang-bermasker.jpg

"Terimakasih komitmennya. Juaranya tracing ini Jawa Timur. Kalau di PON ada cabang Tracer, mungkin Jawa Timur yang dapat emasnya," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Ganip juga meminta daerah khususnya Malang Raya untuk memperkuat 3T yang terdiri dari tiga kata yakni pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). 

"Hal ini yang jadi pilar kita menuju endemik. Selain testing dan tracing, treatment juga harus dibenahi," ungkapnya. 

Panglima-TNI-Melepas-Mobil-Masker-b.jpg

Untuk menuju treatment yang kuat, dia mendorong Pemda di Malang Raya melakukan pembenahan di sistem kesehatan, terutama ketersediaan SDM tenaga kesehatan (nakes) dan puskesmas.

"Kalau nggak gitu kita akan menghadapi naik turun naik turun trus. Kita perkuat nakes dan puskesmas. Ini transisi dari pandemi menuju endemi," bebernya. 

Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito juga menyampaikan agar Pemda Malang Raya menguatkan instalasi sumber daya manusia, obat-obatan dan alat kesehatan lainnya. Di samping itu, percepatan vaksinasi Covid-19 juga penting dilakukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES