Glutera News

9 Manfaat Cordyceps untuk Kesehatan Tubuh 

Sabtu, 11 September 2021 - 11:27 | 158.84k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTACordyceps adalah jamur yang hidup dan tubuh pada larva atau ulat di pegunungan daerah China dan Himalaya. Jamur ini termasuk langka, makanya harganya bisa jadi mahal. Ketersediaan jamur ini juga termasuk yang sulit didapat. Suplemen cordyceps umumnya didapat dari jamur yang dikembangbiakkan di dalam laboratorium.

Hingga kini, cordyceps telah melalui beberapa penelitian dan proses pengembangan di laboratorium yang kemudian diolah menjadi suplemen. Cordyceps sendiri diketahui mengandung beragam nutrisi, seperti:
• Protein
• Asam amino esensial
• Peptida
• Vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin E, dan vitamin K
• Asam lemak
Cordyceps disebut dapat meningkatkan sistem imun dengan cara merangsang sel-sel dan bahan kimia tertentu dalam tubuh. Jamur ini juga dipercaya dapat melawan sel kanker dan memperkecil ukuran tumor, terutama kanker kulit dan paru-paru.

glutera49ce4fb66369b339.jpg

Manfaat cordyceps
Masyarakat mengenal cordyceps sebagai suplemen yang mampu meringankan beberapa kondisi kesehatan tertentu. Berikut ini adalah manfaat cordyceps yang umum dikenal oleh masyarakat:

1. Meredakan gangguan pernapasan
Beberapa zat yang terkandung pada cordyceps, yaitu cordycepin dan adenosin, dapat menstimulasi efek penyebaran ion pada saluran napas. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa cordyceps menyebabkan adanya peningkatan kapasitas penggunaan oksigen, sehingga baik untuk menjaga fungsi organ tubuh.
Bagi orang dewasa, cordyceps dapat digunakan untuk meredakan gejala asma jika dikonsumsi secara murni.

Sebuah studi klinis lain juga mengemukakan tentang efektivitas cordyceps untuk meringankan bronkitis dan penyakit paru obstruktif kronis. Meski demikian, khasiatnya sering dikaitkan dengan kombinasi bersama bahan-bahan lain sehingga efektivitas cordyceps itu sendiri sulit dipastikan.

2. Meningkatkan performa fisik
Cordyceps diketahui memiliki manfaat unutk meningkatkan ketahanan dan performa seseorang saat berolahraga. Meski demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti efek peningkatan performa fisik setelah mengonsumsi cordyceps.

3. Mencegah efek penuaan
Cordyceps secara tradisional digunakan oleh lansia untuk mengatasi efek penuaan, seperti kelelahan, lemas, dan impotensi. 

4. Menjaga kesehatan jantung
Di Tiongkok, penelitian mengenai cordyceps menunjukkan bahwa jamur ini memiliki manfaat untuk meredakan gejala aritmia atau gangguan ritme jantung. Beberapa penelitian pun menyatakan bahwa bahan ini juga dapat memelihara kesehatan jantung.

5. Meredakan peradangan
Sebuah penelitian pada tingkat sel menemukan bahwa cordyceps berpotensi mengurangi peradangan. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa cordyceps dapat mengurangi keparahan penyakit lupus, meningkatkan kelangsungan hidup pada penderita cangkok jantung, dan menekan efek racun bakteri Streptococcus.

6. Mengatasi penyakit ginjal
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cordyceps dapat meningkatkan laju kreatinin dan menurunkan kadar nitrogen urea dalam darah, sehingga baik untuk meredakan gejala penyakit ginjal. 

7. Menghambat pertumbuhan tumor
Beberapa penelitian terhadap hewan percobaan membuktikan bahwa cordyceps dapat merangsang sistem kekebalan tubuh, termasuk kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, termasuk kanker paru, kanker usus besar, kanker liver, dan kanker kulit.

8. Mengatasi diabetes
Penelitian menemukan bahwa ekstrak polisakarida pada cordyceps dapat menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan kepekaan terhadap insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa.

9. Mengatasi infeksi saluran pernafasan (ISP)
Cordyceps dapat meningkatkan imunitas dengan merangsang sel-sel dan bahan kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, cordyceps dipercaya mampu mengobati berbagai infeksi saluran pernapasan seperti asma, batuk, dan bronkitis.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES