Pemerintahan

TOP BUMD Awards 2021, Hampir Semua BUMD Mampu Hadapi Dampak Pandemi Covid-19

Sabtu, 11 September 2021 - 10:00 | 35.27k
Djohermansyah Djohan, Ketua Dewan Juri Top BUMD saat sambutan di acara puncak TOP BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam. (FOTO: Misbahul Munir/TIMES Indonesia)
Djohermansyah Djohan, Ketua Dewan Juri Top BUMD saat sambutan di acara puncak TOP BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam. (FOTO: Misbahul Munir/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Djohermansyah Djohan, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2021 menyampaikan, ada beberapa temuan menarik selama proses penjurian berlangsung dalam Awards 2021 tersebut.

Temuan pertama kata dia, secara umum, ternyata hampir semua BUMD, relatif mampu menghadapi dampak Pandemi Covid-19 dengan baik.

"Namun ada beberapa catatan. BUMD sektor air minum, kinerja dan layanannya tetap terjaga dengan baik, dan relatif paling tahan terhadap Pandemi Covid 19," katanya dalam sambutan acara puncak TOP BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam.

Selanjutnya, lanjut dia, BUMD sektor keuangan, terutama BPD dan BPR, terkena dampak yang sangat besar. Namun, berkat inovasi dan prinsip kehati-hatian dalam menjalankan bisnisnya, maka BPD dan BPR-BPR, masih mampu menjaga kinerja dan layanannya dengan baik.

Sedangkan BUMD sektor pariwisata, kata dia, adalah BUMD yang paling besar terkena dampak pandemi Covid-19. Namun, dengan kesigapan dan inovasinya, mampu meredam tantangan yang ada.

Misalnya, ada BUMD hotel dan Pariwisata yang langsung memanfaatkan aset propertinya, untuk mengembangkan Jasa yang terkait dengan penanganan Covid-19, seperti sinergi usaha untuk jasa layanan Antigen, PCR, dan lain sebagainya.

Temuan-temuan lainnya kata dia, adalah sudah semakin banyak BPR dan BPRS yang concern serta lebih intens dan terukur, untuk melakukan pemberantasan renternir / pelepas uang di wilayah operasional.

"Kemudian, hampir semua PDAM, sangat concern dalam hal penggunaan teknologi informasi digital, termasuk pengembangan berbagai aplikasi berbasis website, Android, dan IoS," jelasnya.

"Juga BPD-BPD makin intens dan inovatif serta lebih fokus mengalokasikan pembiayaannya, untuk membangun masyarakat daerahnya dan pembiayaan pemerintah daerahnya. Namun, belum semua pemerintah daerah, mengandalkan dukungan pembiayaan pembangunan dari BPD-nya," ujarnya.

Diketahui, ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 kembali diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai.

Kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016. Tema yang diangkat dalam TOP BUMD Awards 2021 ini adalah 'Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi Covid-19'.

Ada beberapa BUMD hebat yang meraih penghargaan tertinggi, yakni TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2021.

Di antaranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Kanjuruhan Kabupaten Malang, PDAM Tirta Bhagasasi, Perumda Air Minum Apa' Mening Kabupaten Malinau.

Selain itu juga ada, Bank Jateng, Bank Jatim Tbk, BPR Bank Bapas 69 Kabupaten Magelang, BPR Bank Sleman, PT Agro Jabar, serta RSUD Iskak Tulungagung. Masih ada beberapa BUMD terbaik lainnya yang mendapatkan penghargaan TOP BUMD Awards 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES