Ekonomi

Bangkitkan Ekonomi Daerah, Erick Thohir: Harus Ada Sinergi BUMN dan BUMD

Sabtu, 11 September 2021 - 09:04 | 29.42k
Menteri BUMN RI Erick Thohir saat sambutan acara puncak TOP BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam. (FOTO: Misbahul Munir/TIMES Indonesia)
Menteri BUMN RI Erick Thohir saat sambutan acara puncak TOP BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam. (FOTO: Misbahul Munir/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri BUMN RI, Erick Thohir menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD. Sinergi perlu dikedepankan, dalam rangka untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah dan di tingkat nasional.

Untuk itu, pihaknya terus mendorong adanya sinergi BUMN dengan BUMD guna menggeliatkan roda ekonomi di daerah serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Saat ini, beberapa kerja sama antara BUMN dan BUMD sudah berjalan, misalnya PT Tjipinang Food Station yang merupakan BUMD milik Pemerintah DKI Jakarta dengan PT Sang Hyang Seri (Persero), BUMN  yang bergerak di bidang pertanian.

Pada sektor transportasi, BUMN dan BUMD di DKI Jakarta membangun joint venture dan sistem transportasi terintegrasi di Jabodetabek. Sinergi juga dilakukan dalam pengelolaan kawasan Kota Tua Sunda Kelapa, Jakarta.

"Kami sangat terbuka untuk membuka kerja sama-kerja sama lainnya dengan BUMD dan Pemda yang hari ini hadir," kata Erick dalam sambutan acara puncak TOP BUMD Awards 2021 di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (10/9/2021) malam.

Acara ini dihadiri sekitar 600 peserta dari top manajemen BUMD dan kepala daerah. Menurut Erick yang hadir mewakili Wapres KH Maruf Amin, sekarang bukan saatnya jadi menara gading.

Berbagai langkah strategis dan permasalah sosial, ekonomi dan lingkungan bisa terpecahkan lewat  sinergi dan dibentuknya ekosistem, baik antar-BUMN, sinergi dengan swasta dan BUMD yang memiliki kesamaan visi dan berlandaskan good corporate governance.

TOP-BUMD-Awards.jpg

Erick percaya dengan sinergi BUMN dan BUMD  itu Indonesia bisa melalui pandemi Covid-19 dan menjadi lokomotif pembangunan dan pelayanan publik. "Tentunya sambil tetap memacu transformasi, inovasi dan sinergi demi kepentingan rakyat seperti yang ditunjukkan para nominator dan pemenang TOP BUMD Awards 2021," tuturnya.

Sekedar diketahui, ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2021 kembali diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai, bertempat di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta.

Kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016. Untuk memenuhi Protokol Kesehatan, acara penghargaan yang dihadiri 600 peserta termasuk Kepala daerah dan TOP manajemen BUMD seluruh Indonesia ini.

Tema yang diangkat dalam TOP BUMD Awards 2021 ini adalah 'Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi Covid-19'.

Ada beberapa BUMD hebat yang meraih penghargaan tertinggi, yakni TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2021.

Di antaranya adalah Perumdam Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, Perumda Kanjuruhan Kabupaten Malang, PDAM Tirta Bhagasasi, Perumda Air Minum Apa' Mening Kabupaten Malinau.

Selain itu juga ada, Bank Jateng, Bank Jatim Tbk, BPR Bank Bapas 69 Kab. Magelang, BPR Bank Sleman, PT Agro Jabar, serta RSUD Iskak Tulungagung. Masih ada beberapa BUMD terbaik lainnya yang mendapatkan penghargaan TOP BUMD Awards 2021.

Menteri BUMN RI mengapresiasi penyelenggaraan TOP BUMD Awards 2021 dan mengucapkan selamat kepada para pemenang. "Mari jadikan ini menjadi pemacu semangat dan melakukan lompatan-lompatan besar untuk kemajuan bersama untuk Indonesia," kata Erick Thohir(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES